3 Alasan Britania Masih Menggunakan Mata Uang Inggris

Meskipun termasuk dalam negara Eropa, akan tetapi nampaknya negara Inggris Raya tidak menggunakan mata uang euro sebagai mata uang resmi di negaranya. Negara ini masih menggunakan dan mempertahankan pounsterling sebagai mata uang Inggris hingga sekarang. Mengapa hal tersebut terjadi? Pertanyaan ini tentunya akan sering terlintas di benak anda. untuk itu, akan diulas alasan mengapa negara Inggris masih menggunakan mata uangnya sendiri.

Alasan Inggris Masih Menggunakan Poundsterling

  1. Tidak Mau Kehilangan Otoritas Untuk Mengatur Suku Bunga

Dengan bertahannya negara Inggris menggunakan mata uang poundsterling, maka tentu saja hal ini berkaitan dengan tingkat suka bunga negara ini sendiri. Jika negara ini bergabung dan menggunakan mata uang euro tentu saja, Inggris tak dapat menjalankan otoritas suku bunganya sendiri. Dengan bergabung sistem euro, tentu saja Inggris akan bisa untuk kehilangan nilai tukar poundsterling  yang suda dianggap cukup strategis tanpa harus melebur dengan euro.

  1. Dapat Mempermudah Kinerja Investor

Dengan tetap menggunakan mata uang Inggris, tentu saja hal ini akan dapat memeprmudah kegiatan para investor di Inggris. Pasalnya sebuah perusahaan ataupun investor di Inggris yang biasanya hanya perlu mengubah GBP ke dolar Amerika, maka jika negara Inggris ikut menggunakan euro tentu saja mata uang tersebut akan diubah lagi dalam bentuk euro. Untuk itu negara ini juga tetap mempertahankan mata uang asli mereka untuk kepentingan bisnis di negaranya.

  1. Kriteria Konvergensi Euro yang Memberatkan Inggris

Selain itu, pemerintah Inggris sendiri juga keberatan untuk memenuhi kriteria konvergensi euro yang digunakan sebagai syarat sebelum mengadopsi euro sebagai mata uang Inggris. Hal itu dikarenakan salah satu syaratnya adalah pemerintahan Inggris harus menjaga rasio debt-to-GDP dalam level tertentu. Hal ini nantinya tentu saja berpotensi untuk membatasi kebijakan fiskal Inggris.

Selain itu terdapat beberapa kerugian bagi Inggris jika menggunakan euro antara lain seperti perusahaan-perusahaan di Inggris tidak akan mendapat keuntungan yang besar jika negara terebut menggunakan pounsdtreling. Hal ini dikarenakan biaya transaksi dan nilai tukar yang harus ditanggung kompetitor mereka di Eropa dalam transaksi negara yang menggunakan mata uang euro akan berkurang.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.