Alternatif Alat Hemat Listrik Untuk Alat Elektronik Rumah Tangga

Semua peralatan rumah tangga yang kita pakai saat ini menggunakan listrik sembagai sumber daya energinya karena listrik merupakan sumber daya energy utama yang menjadi kebutuhan pokok manusia.

Namun kebanyakan peralatan listrik menyerap daya listrik yang cukup besar sehingga anda pun memerlukan daya listrik yang besar pula di rumah anda.

Seperti kita ketahu, semakin besar daya listrik yang kita pasang maka biaya bulanan dan tariff per kwh pun akan semakin besar dan tidak ada subsidi lagi dari pemerintah, oleh sebab itu masyarakat harus memutar otak bagaimana caranya menghemat listrik agar pengeluaran tagihan listrik bulanan tidak membengkak.

Salah satu cara yang perlu anda coba untuk menghemat pengeluaran listrik rumah tangga anda adalah dengan menggunakan alat-alat rumah tangga yang sudah memiliki fitur hemat energy karena dengan menggunakan alat-alat rumah tangga yang hemat listrik maka dapat menekan budget pengeluaran tagihan listrik bulanan di rumah anda.

pxhere.com

Tips Menggunakan Alat Rumah Tangga Hemat Listrik

Ada begitu banyak merk peralatan rumah tangga yang sudah modern dan memiliki fitur hemat energy yang dapat anda pilih untuk memenuhi keperluan rumah tangga anda tanpa anda khawatir dengan tagihan listrik namun peralatan tersebut tetap dapat bekerja secara maksimal meskipun dengan daya serap listrik yang kecil.

Meskipun sudah memiliki fitur hemat listrik, bukan berarti anda jor-joran dalam menggunakan alat rumah tangga, berikut kami berikan tips untuk menghemat daya listrik pada peralatan rumah tangga anda.

Kulkas atau Lemari Es

Salah satu elektronik yang wajib ada di rumah anda adalah kulkas atau lemari es yang berguna untuk menyimpan berbagai makanan agar awet dan tahan lama serta tidak cepat basi, selain itu kulkas atau lemari es juga di gunakan untuk menyimpan buah, sayur dan minuman dingin agar selalu terjaga dan fresh saat di makan.

Jaman dulu mungkin hanya segelintir orang yang memiliki kilkas, namun pada saat ini hampir setiap rumah tangga memiliki kulkas di rumahnya. Oleh karena itu berikut tips-tips penggunaan kulkas agar lebih hemat energy.

  • Tutup pintu kulkas dengan rapat, dibuka hanya ketika anda memerlukannya saja. Jangan bolak balik membuka dan menutup pintu Karena hal itu akan membuat kulkas menyerap daya listrik lebih besar dari seharusnya.
  • Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan saja, misal jika anda menyimpan daging maka atur suhu menjadi dingin maksimal dan jika anda hanya menyimpan buah, sayur dan minuman maka atur suhu menjadi minimal agar tidak menyerap terlalu banyak listrik.
  • Jangan memasukan makanan maupun minuman yang masih panas atau hangat karena dapat membuat kinerja kulkas untuk mendinginkan makanan atau minuman tersebut lebih berat dari yang seharusnya.
  • Tempatkan kulkas pada area yang tidak terpapar panas matahari langsung.
pxhere.com

Mesin Cuci

Mesin cuci menjadi salah satu alat elektronik yang wajib di miliki dalam setiap rumah, apalagi jika anda merupakan orang yang sibuk beraktifitas bekerja maka mesin cuci menjadi pilihan utama untuk mencuci baju anda, untuk itu berikut tips-tips penggunaan mesin cuci agar dapat menghemat listrik rumah anda.

  • Alangkah baiknya anda tidak perlu menggunakan fasilitas pengering baju pada mesin cuci anda, karena justru fasilitas pengering baju pada mesin cuci menyerap listrik yang cukup besar. Gunakan pengering baju ketika keadaan yang urgent saja misalnya ketika musim hujan, karena jika sedang musim kemarau dan panas matahari yang cukup tinggi maka anda lebih baik menjemur pakaian di luar saja menggunakan panas sinar matahari.
  • Gunakanlah mesin cuci pada kapasitas maksimum yaitu mencuci baju menyesuaikan dengan kapasitas mesin cuci tersebut, jangan mencuci sedikit-sedikit atau bolak balik mencuci karena akan membuat mesin cuci menyerap banyak listrik.
pxhere.com

Komputer Desktop

Saat ini banyak rumah yang memiliki komputer desktop di rumahnya apalagi jika mereka adalah pekerja kantoran ataupun mereka yang memiliki anak yang membutuhkan komputer sebagai penunjang belajar utama seperti anak sekolah dan mahasiswa.

Namun penggunaan komputer yang selalu menyala meskipun tidak di pakai justru membuat tagihan listrik anda menjadi bengkak. Untu itu berikut tips-tips menggunakan komputer untuk menghemat listrik.

  • Matikan layar monitor anda karena jika tidak maka akan tetap mengkonsumsi listrik meskipun dalam mode slep sekalipun.
  • Gunakan wallpaper berwarna hitam, jangan menggunakan wallpaper yang terlalu banyak warna atau terlalu ramai.
  • Matikan CPU jika memang anda akan meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang lama, misal dari pagi hingga sore.
  • Copot semua stop kontak dari colokan.

Selain itu kalian masih dapat menggunakan alat hemat listrik lainnya berikut ini :

Alternatif Alat Hemat Listrik penggunaan Energi Lain

Namun jika memang terlalu banyak alat elektronik yang menggunakan energi listrik di rumah anda maka ada alternatif alat hemat listrik lain untuk menyediakan pasokan listrik di rumah anda selain dengan berlangganan melalui PLN.

Yaitu dengan menggunakan Rooftop Solar Panel yang di pasang di atap rumah anda dan menghasilkan listrik dengan cara mengubah energy panas matahari menjadi listrik yang kemudian dapat di alirkan ke peralatan rumah tangga anda.

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.