Bagaimana Sistem Klasifikasi Tanah? Cek Penjelasan Berikut

Tahukah Anda, sistem klasifikasi tanah yang ada di dunia ini sangatlah beragam. Hal tersebut karena banyak negara yang memilih menggunakan sistem klasifikasi yang dikembangkan oleh negara yang bersangkutan.

Secara umum, klasifikasi tanah ini merupakan sebuah ilmu yang berkaitan dengan kategori tanah berdasarkan karakteristiknya. Seperti yang diketahui, masing-masing tanah tersebut memiliki karakteristik atau tekstur yang berbeda-beda. Nah untuk mengetahui penjelasan lengkap tentang klasifikasi tanah, simak ulasan berikut.

Taksonomi Tanah (USDA)

Untuk sistem klasifikasi tanah yang baru-baru ini dikembangkan oleh Amerika Serikat yaitu bernama Taksonomi Tanah. Pada sistem klasifikasi tanah ini menggunakan enam kategori yakni Ordo, SubOrdo, Great group, Subgroup, Family dan Seri. Sistem yang satu ini terbilang masih sangat baru.

Sistem FAO/UNESCO

Untuk sistem yang kedua ini dikembangkan oleh UNESCO dengan dua kategori. Kategori pertama pada sistem ini kurang lebih hampir sama dengan sistem great group. Sedangkan untuk kategori keduanya hampir mirip dengan subgroup dalam sistem Taksonomi Tanah USDA.

Demikian penjelasan singkat tentang sistem klasifikasi tanah yang dikembangkan oleh beberapa lembaga-lembaga terbesar yang ada di dunia. Semoga informasi di atas bermanfaat!

 

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.