Cara Jualan di Tokopedia Yang Sukses dan Laris

Tokopedia merupakan sebuah situs web populer di Indonesia yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli yang bertransaksi secara online. Apabila Anda berperan sebagai penjual, maka tentu Anda sudah menerima banyak sekali hal positif yang didapatkan dari Tokopedia.

Sama seperti pesaing-pesaingnya, Tokopedia juga terus melakukan promo-promo yang membuat para penggunanya enggan berpaling ke situs lain. Sebab, seperti yang kita ketahui, selalu ada pembaharuan di tiap bulannya. Entah itu promo maupun diskon-diskon yang disediakan oleh penyedia layanan.

Langkah-langkah Membuat Akun Tokopedia

Dan bagi Anda calon seller di Tokopedia, akan kami sajikan urutan tatacara membuat akun di Tokopedia. Apabila Anda mendaftar melalui :

1.      Nomor Telepon

Cara pertama yakni menggunakan nomor telepon seluler Anda. Berikut langkah-langkah pendaftaran akun Tokopedia menggunakan nomor telepon :

  1. Masukkan nomor ponsel pada tampilan menu pendaftaran.
  2. Klik button ‘daftar’ dan dalam sekejap Anda sudah berada di tampilan ‘Halaman Verifikasi’.
  3. Tunggu beberapa saat hingga kode tersebut muncul (terkirim), lalu masukkan ‘Kode Verifikasi’ yang telah Anda terima. Kode biasanya dikirim melalui SMS atau panggilan telepon, sesuai dengan permintaan si pembuat akun.
  4. Secara otomatis sistem akan memproses kode Anda. Jika valid maka pendaftaran Anda dinyatakan berhasil.

#nb :

  1. Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda belum memiliki email maupun kata sandi. Yang ada hanyalah ID default sistem dari Tokopedia. (misal : Toppers7977)
  2. Notifikasi akan dikirimkan ke Pesan, WhatsApp, TopChat, serta Push Notification.

2.      Akun Google/Gmail

Jika nomor telepon Anda sudah pernah didaftarkan, maka alternatif lain adalah menggunakan akun Google. Berikut langkah-langkah pendataran akun Tokopedia menggunakan akun Google :

  1. Jika Anda sudah masuk di situs Tokopedia, maka pada desktop/halaman utama silakan klik ‘Daftar’ yang terletak di pojok kanan atas tampilan.
  2. Kemudian klik button ‘Google atau Facebook’. Pada opsi tersebut, pilih Google.
  3. Maka Anda akan diarahkan ke akun google Anda. Silakan klik ‘Allow’.
  4. Buat kata sandi baru serta nomor telepon yang aktif. Kata sandi disini berperan sebagai keamanan untuk login dan penarikan tunai dari Tokopedia.
  5. Klik button ‘Buat Password’. Isi dan ketikkan password yang mudah Anda ingat.
  6. Dan akun Anda sudah berhasil dibuat.

Langkah-langkah Membuka Toko Online Tokopedia

Setelah Anda sudah memiliki akun Tokopedia, langkah selanjutnya adalah membuat toko online di Tokopedia tentunya. Langkah-langkah membuka toko online di Tokopedia :

a)      Klik button ‘Buka Toko Gratis’

Syarat membuka toko online ini hanya akun Tokopedia. Jadi bagi Anda yang belum memiliki, silakan ikuti tutorial diatas.

b)      Beri ‘Nama Toko’ Serta ‘Link Toko’

Berilah nama toko yang unik dan membuat konsumen terngiang-ngiang. Jangan lupa juga untuk membuat link toko Anda. Syarat utama membuka toko dan linknya adalah gunakan kata/nama yang belum dipakai seller lain. Sehingga keunikan nama toko maupun link benar-benar harus diperhatikan.

c)       Lengkapi Data Toko Online

Terdapat 2 kolom teks area yang perlu Anda isi. Dua kolom tadi ialah slogan toko Anda dan deskripsi toko. Silakan isi semenarik mungkin. Jangan lupa untuk membubuhkan  logo Anda pula.

d)      Isi Lokasi Pengiriman

Anda diharuskan mengisi alamat toko, lalu tandai lokasi tersebut di peta. Jangan sampai salah lokasi, sebab ongkir dihitung dari lokasi tempat Anda berada.

e)      Pilih Jasa Pengiriman Terdekat

Memang kita diwajibkan memilih kurir terdekat, namun sebaiknya pilih kurir sebanyak yang Anda kehendaki guna menambah minat konsumen.

f)       Selesai

Jika kelima langkah tadi sukses Anda lewati, maka selamat toko Anda telah resmi dibuka.

Langkah-langkah Memasang Barang / Produk di Tokopedia

Kemudian jika Anda telah membuka toko online Anda, selanjutnya Anda perlu mengunggah barang dagangan Anda. Unggah foto yang menarik dan dapat di identikkan dengan toko Anda. Langkah-langkah mengunggah barang di Tokopedia :

a)      Klik button ‘Tambah Produk’

Apabila Anda sudah masuk di halaman depan, silakan tap tombol ‘Tambah Produk’. Atau jalan lain, bisa juga Anda pilih di menu Pengaturan Toko.

b)      Unggah Foto Barang

Silakan tambahkan foto terbaik yang Anda punya.

c)       Tentukan Nama serta Kategori Produk

Jangan lupa untuk memberi nama atau judul pada barang Anda, serta kategori produk dan etalase guna memudahkan calon konsumen dalam memilih barang.

d)      Beri Harga Produk

Karena Anda berposisi sebagai penjual online, maka tentukan harga sebijak mungkin. Jangan sampai mematok harga rendah agar produk cepat laku, dan jangan pula mematok harga terlalu tinggi untuk memperoleh keuntungan yang besar. Sebab jika harga rendah, apakah sebanding dengan pengorbanan dan kebutuhan Anda. Atau jika harga tinggi, apakah layak barang tersebut di banderol dengan harga tersebut.

e)      Lengkapi Data Produk & Pengiriman

Terdapat beberapa kolom isian yang perlu Anda isi, antara lain; jumlah stok, jenis/varian, kondisi (baru/bekas), serta deskripsi lengkap produk Anda.

f)       Simpan Produk

Setelah langkah-langkah tadi sudah fix Anda isi sesuai dengan hati Anda. Maka selanjutnya silakan tap button ‘Simpan Produk’. Dengan demikian, selamat barang dagangan Anda telah berhasil dipasang.

 

Demikian artikel mengenai cara jualan di Tokopedia. Sangat simpel bukan? Perhatikan pula tips-tips yang sudah kami jelaskan diatas, agar nantinya jualan Anda lancar dan nyaman. Tanamkan jiwa kompetitif yang sehat dan jangan berhenti berdoa untuk kelancaran usaha Anda.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.