Cara Mengendalikan Hama Belalang di Kebun

Belalang menyebabkan kerusakan serius pada tanaman dan dianggap sebagai hama fatal untuk kebun. Dalam jumlah besar, belalang merupakan masalah serius bagi petani dan juga gangguan serius bagi tukang kebun rumah. Belalang memakan rumput dan daun serta batang tanaman. Gejala kerusakan belalang sama dengan serangga lainnya yaitu lubang-lubang kasar pada daun, batang, dan buah tanaman.

Belalang cenderung memakan tanaman seperti labu, kacang polong, dan daun tomat namun juga bisa memakan banyak jenis tumbuhan kebun. Semakin banyak belalang hadir, semakin besar kemungkinan mereka untuk memakan tanaman di luar kelompok pilihan mereka.

Belalang muncul awal musim kering dengan jumlah terbesar umumnya terjadi pada pertengahan musim kemarau. Populasi belalang cenderung tertinggi ketika cuaca panas dan kering. Belalang dikenal sebagai serangga hemimetabolous, yang berarti mereka tidak mengalami metamorfosis, seperti halnya kupu-kupu dan banyak serangga lainnya. sebagai gantinya, mereka menetas dari telur menjadi nimfa  yang secara bertahap menjadi dewasa. Berikut merupakan cara agar petani dapat mengontrol hama belalang di kebun

  1. Melakukan pengontrolan pada tanah

Telor belalang dapat hidup di tanah yang kering dan mati dalam tanah yang lembab sehingga menjaga kelembaban tanah juga dapat menurunkan tingkat perkembangan belalang.

  1. Hilangkan gulma

Hilangkan gulma bahkan di daerah yang tidak memiliki tanaman kebun untuk mengurangi ketersediaan makanan bagi nimfa yang baru menetas.

  1. Dorong pemangsa alami.

Banyak burung pemakan serangga seperti burung adalah predator belalang paling terkenal. Spesies hewan lain juga memakan belalang seperti ular kecil dan kodok.

  1. Tutupi tanaman

Tutupi tanaman yang rentan dengan kain tipis atau penutup tanaman untuk melindunginya.

  1. Oleskan semprotan bawang putih.

Campurkan dua cangkir bawang putih dengan 10 gelas air, rebus campuran dan biarkan semalaman. Kemudian, campur satu bagian dari larutan ini dengan 3 bagian air dalam botol. Semprotkan dan basahi daun tanaman yang rentan. Semprotan ini akan mencegah belalang dan serangga makan lainnya.

  1. Terapkan kontrol biologis.

Di antara langkah-langkah pencegahan yang bekerja untuk belalang adalah Nosema locustae dan Beauveria bassiana yaitu jamur yang mempengaruhi pencernaan belalang. Agen alami yang efektif mengusir belalang.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.