Cara Mudah Belajar Menulis Artikel

Artikel adalah sebuah karangan atau karya tulis yang berisi gagasan atau fakta dan ditulis dengan panjang tertentu. Artikel dapat berisi ajakan, informasi yang mendidik, menghibur dan dipublikasikan melalui suatu media, baik cetak maupun online. Menulis artikel pada dasarnya adalah sesuatu yang mudah dan menyenangkan.

Bagi seorang blogger, kemampuan menulis artikel dapat memberikan banyak keuntungan. Karena roh dari sebuah blog atau website adalah artikel yang bagus dan menarik. Belajar menulis artikel adalah sesuatu yang mudah, hanya saja ada hal-hal sepele yang kadang menjadi penghambat seseorang untuk belajar menulis.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai proses belajar menulis. Hindari terlalu banyak pertimbangan dalam menentukan tema sebuah tulisan. Jika Anda ingin pandai menulis artikel, sebaiknya selalu yakin untuk mengambil sebuah tema tulisan selama ada banyak referensi yang bisa Anda gunakan.

Meski demikian, sebaiknya jangan mengambil tema yang sama sekali belum Anda pahami. Pilihlah tema yang mudah atau cukup Anda kuasai, seperti tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, sebaiknya jangan terlalu memikirkan isi pembuka atau mukadimah sebuah artikel. Meski merupakan hal yang penting, namun jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat mukadimah, sebaiknya diabaikan.

Jangan terlalu sering menghapus tulisan yang sudah ditulis mengalir hanya karena Anda menganggap tidak sesuai. Hal ini justru dapat menghambat proses Anda belajar menulis artikel. Jika Anda mengalami seperti ini, sebaiknya biarkan tulisan Anda mengalir dan sesuaikan dengan tulisan yang baru.

Menulis selayaknya berbicara adalah konsep terbaik yang dapat Anda terapkan saat belajar menulis sebuah karya tulis. Anda dapat belajar dengan melakukan monolog, tentukan sebuah tema, berbicaralah di depan kaca tentang tema tersebut. Lakukan monolog dengan relax seolah Anda menceritakan hal ini pada diri Anda sendiri.

Anda akan menemukan sesuatu yang baru dan unik saat percakapan tersebut Anda tuangkan ke dalam sebuah tulisan. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana dengan kaidah penulisan yang baik dan benar? Selama tata bahasa dalam tulisan Anda masih rapi dan baik, itu bukan menjadi sebuah masalah besar.

Belajar menulis dalam sebuah blog atau website bukan merupakan sebuah ujian yang menentukan Anda lulus atau tidak. Tujuan utamanya adalah untuk menuangkan berbagai ide kreatif yang kemudian dituangkan ke dalam sebuah artikel yang dipublikasikan melalui blog atau website.

Sebelum memulai untuk menulis artikel, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis artikel. Terdapat 6 jenis artikel, yaitu, artikel narasi, persuasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi dan SEO.

Artikel Narasi

Artikel narasi merupakan jenis artikel yang ditujukan untuk menceritakan sebuah kejadian secara runtun, baik berdasarkan waktu, tempat dan kejadian. Artikel ini lebih mirip dengan cerita.

Artikel Persuasi

Artikel persuasi atau ajakan adalah jenis artikel yang bersifat mebujuk atau mengajak para pembaca untuk mengikuti atau meninggalkan sesuatu. Artikel ini biasanya digunakan oleh psikolog, konsultan, pebisnis atau siapa saja untuk mengajak masyarakat untuk mengikuti apa yang mereka tawarkan.

Artikel Deskripsi

pixabay.com

Artikel deskripsi bertujuan untuk menggambarkan sebuah kejadian, peristiwa atau keadaan sesuai fakta yang ada. Dalam penulisan artikel jenis ini, tidak diperbolehkan untuk memasukkan opini penulis dalam tulisan. Karena tujuan dari artikel ini adalah untuk menggambarkan suatu fakta.

Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan tulisan yang berupa opini, baik prbadi, lembaga atau pun organisasi. Biasanya artikel jenis ini sering dimuat di media cetak seperti koran. Untuk menulis artikel ini dibutuhkan data dan fakta dan akurat untuk bisa dimuat di media masa.

Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan karya tulis yang menguraikan sebuah topik yang berupa definisi, jenis, fungsi dan manfaat dari sebuah konsep. Artikel ini juga dapat berupa langkah-langkah atau cara mengerjakan sesuatu. Khusus untuk menjabarkan sesuatu yang bersifat ilmiah, diperlukan literatur atau referensi yang terpercaya sehingga dapat menarik minat pembaca.

Artikel jenis ini dapat dengan mudah Anda temukan di internet, misalnya cara membuat daftar pustaka atau cara-cara yang lainnya.

Artikel SEO

pixabay.com

Terakhir adalah artikel SEO yang merupakan artikel yang mengoptimalkan pencarian keyword pada mesin pencarian seperti Google. Artikel ini merupakan artikel yang khusus ditujukan untuk menulis pada blog atau situs web.

Artikel ini dapat berupa narasi, deskripsi, arugmentasi eksposisi atau persuasi. Inti dari penulisan artikel ini adalah untuk menerapkan aturan dalam sebuah mesin pencari, sehingga memudahkan search engine melacak dan merekomendasikan artikel yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya, apa keuntungan yang bisa didapatkan dari menulis artikel. Memiliki kemampuan menulis artikel sama saja dengan menciptakan peluang baru untuk diri sendiri. Saat ini ada banyak layanan jasa penulis artikel, baik dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Menulis artikel tidak rumit, hanya membutuhkan waktu saja untuk menentukan tema tulisan.

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.