Cara Penupukan Cabai Yang Baik dan Benar

Pada sebuah tanaman, terlebih tanaman yang dibydidayakan dalam jumlah besar untuk memenuhi stok pasar, para petani tidak tanggung-tanggung untuk membuat kualitas buahnya menjadi meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pemupukan tanaman agar tanahnya mebjadi semakin subur sehingga mempercepat proses pembuahan. Demikian pula dengan petani cabai, yang menggunakan metode pemupukan tanaman cabai agar buahnya berkualitas karena tanahnya yang berkualitas baik pula. Buat kamu yang ingin bercocok tanam cabai,.bisa melakukan pemupukan seperti di bawah ini.

1) Mengurangi Kandungan Nitrogen

Kandungan nitrogen untuk tanaman cocok dipakai dalam jumlah normal saat tanaman cabai baru mulai tumbuh karena Nitrogen ini mampu menumbuhkan daun secara cepat. Sementara pada tanaman usia 1,5 bulan, pemakaian pupuk yang mengandung nitrogen ini perlu mulai dikurangi karena nantinya justru akan membuat pohon rajin menumbuhkan daunnya, bukan buahnya.

2) Memperbanyak Phospor

Jika kita perlu mengurangi nitrogen padamasa uaia tanaman 1,5 bulan, gantinya adalah penggunaan Fosfor yang lumayan banyak. Karena pada usia 1,5 bulan tanaman cabai mulai tumbuh bungan yang akan menjadi buah, fosfor sangat dianjurkan untuk tanaman cabai karena adanya kandungan air sehingga sel-sel buah cabai dapat berkembang lebih cepat.

3) Perbanyak penggunaan Kalium

Kalium pada tanaman cabai sangat diperlukan, sebab apabila tudak menggunakan kalium tanaman cabai pada daun akan mengering di bagian tepi serta daunnya mudah menggulung. Selain itu, tanaman cabai yang kekurangan kaliym akan berakibat pada buahnya yang tidak matang sempurna.

Kandungan tambahan lainnya pada proses pemupukan tanaman cabai adalah dengan memberikannya ransangan pada tanaman cabai, yang berupa ZPT atau ransangan hormoj tanaman cabai. Ransangan ini mampu mempercepat proses tumbyhnya buah cabai. Maka dari itu, pemilihan pupuk yan tepat sabgat dianjurkan oleh petani cabai agar hasil buah yang ditanam verkyaliras. Hal ini sudah termasuk pula dalam pemilihan pupuk yang mengandung lebih banyak nitrogen, fosfor, atau kalium. Selain pemupukannya yang perlu tepat, petani cabai juga perlu memerhatikan kapan waktu yang baik untuk penyiramanan tanaman.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.