Tips Ekspedisi Surabaya Kalimantan

Hampir semua orang di Indonesia menggunakan jasa ekspedisi untuk kebutuhan mereka. Entah barang yang berkaitan dengan perusahaan tempat orang tersebut bekerja, atau barang pribadi untuk keperluan sehari-hari.

Tidak seluruh barang yang dikirim menggunakan jasa pengiriman mengharuskan pengirimnya mengirim dalam jumlah barang yang besar. Biasanya pihak agen pengiriman barang akan memberikan harga mulai dari minimal bobot barang per 1 kg. Lalu, jika ingin mengirim barang dari Surabaya menuju Kalimantan, apakah bisa? Tentu saja, simak penjelasan Ekspedisi Surabaya Kalimantan di bawah ini ya!

Ongkir Ekspedisi Surabaya Kalimantan

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Pihak penerima jasa pengiriman barang, dapat menelusuri hingga ke seluruh pelosok yang ada di wilayah Indonesia. Ekspedisi memungkinkan seseorang untuk melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka secara langsung. Berbagai aplikasi belanja online merupakan salah satu kontributor terbesar sebagai pelanggan setia pengguna jasa ekspedisi. Ongkir Ekspedisi Surabaya Kalimantan untuk pengiriman dalam jumlah kecil sebesar Rp31.000,- hingga Rp315.000,- per Kg. Biaya yang dibebankan kepada konsumen atau pengirim barang, berbeda sesuai dengan layanan yang dipilih untuk mengirim barang tersebut.

Tips Ekspedisi Surabaya Kalimantan Tahun 2020

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Ekspedisi atau perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang ini, terbukti semakin ramai dicari oleh berbagai pihak. Misalnya, pihak penjual barang melalui online shop, perusahaan yang menyuplai suatu barang dalam jumlah yang banyak, ataupun lainnya. Oleh karena itu, tim ekspedisi semakin melebar dan meluas ke berbagai wilayah di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian simak sebelum melakukan pengiriman barang dengan menggunakan jasa ekspedisi.

  1. Pastikan Alamat Penerima Dapat Dibaca Jelas

Alamat harus tertulis dengan jelas karena jika tidak, pihak ekspedisi akan menahan barang di gudang atau kantor cabang terdekat. Sehingga, biasanya pihak pengirim harus menginformasikan kepada penerima untuk mengambil barang yang dimaksud secara langsung dengan mendatangi kantor pihak ekspedisi.

Oleh karena itu, biasanya pada bagian alamat, usahakan tulis secara lengkap sampai kode pos daerahnya juga. Jangan lupa ikut sertakan nomor ponsel kedua pihak untuk mempermudah tim ekspedisi memberitahukan jika terjadi suatu hal selama proses pengiriman berlangsung.

  1. Pengemasan Dilakukan Sebelum Mendatangi Pihak Ekspedisi

Jangan kira Kalian menerima paket sudah terbungkus dengan rapi, karena pihak ekspedisi yang melakukan pengemasannya. Mereka biasanya hanya menambahkan beberapa lapis kertas atau plastik untuk meminimalisir barang yang terkirim mengalami kerusakan saat di perjalanan.

Pihak pengirim harus memastikan sendiri pengemasan yang dilakukan sudah aman dan sesuai standar untuk menjaga kualitas barang sampai ke tangan konsumen. Jika tidak, kemungkinan barang akan remuk dan sebagainya bukan kesalahan dari pihak ekspedisi melainkan berlaku untuk pengirim yang tidak memberikan keseriusan saat mengemas barang yang akan dikirim.

  1. Berikan Keterangan Pecah Belah untuk Barang yang Mudah Pecah

Keterangan Fragile sangat penting bagi Kalian yang mengirim barang berbahan dasar kaca atau apapun yang kemungkinan besar akan pecah saat proses pengiriman. Kurir akan memberikan perhatian khusus untuk barang dengan keterangan fragile, sehingga mereka tidak akan asal melempar barang kedalam truk ataupun mobil bak yang membawa berbagai barang dari konsumen menuju lokasi berikutnya.

Beberapa orang bahkan ada yang menambahkan kayu kedalam pengemasan barangnya untuk lebih menjaga keamanan barang sebelum sampai ke lokasi penerima. Jika barang yang dimaksud dalam ukuran sedang, bisa diberikan tambahan bubble wrap di dalam kemasan untuk melindungi barang dari tekanan yang diakibatkan oleh benda lainnya.

  1. Simpan Nomor Resi yang Telah Diterima

Setelah dilakukan penimbangan bobot barang, maka pihak ekspedisi akan memberikan nomor resi untuk memberikan rasa aman kepada pihak pengirim ataupun pihak penerima nantinya. Ketika Kalian akan mengirim barang namun tidak diberikan nomor resi, maka sebaiknya segera batalkan transaksi dengan pihak penerima jasa tersebut. Takutnya Anda sedang mengalami penipuan.

Nomor resi diberikan sebagai tanda bukti barang telah dibayar serta memberitahukan hak milik dari barang yang akan diterima. Selain itu, nomor resi dapat dilacak melalui website resmi dari pihak ekspedisi ataupun aplikasi online tempat membeli barang.

  1. Kunjungi Website Resmi Pihak Ekspedisi

Website diberikan sebagai pelayanan tambahan kepada konsumen untuk memberikan rasa aman barang tidak tertuju ke tempat yang lain. Setiap proses pengiriman dari satu lokasi ke lokasi berikutnya dapat dilihat dengan cara memasukkan nomor resi yang Anda miliki kedalam kolom pelacakan.

Selain itu, konsumen juga dapat mencari tahu informasi terkait kisaran harga untuk bobot barang yang akan dikirim ke wilayah tertentu sebelum mendatangi langsung ke kantor jasa pengiriman barang. Terdapat call center atau kolom komentar jika terjadi keluhan kepada tim ekspedisi karena barang yang seharusnya sudah sampai mungkin tidak kunjung sampai ke alamat penerima.

  1. Kurir Tidak Dapat Meminta Biaya Tambahan Diluar Kesepakatan Pelanggan

Jika ada kurir yang meminta tambahan biaya diluar ongkos kirim yang telah Kalian bayar sebelumnya, maka dapat dilaporkan dan sertakan bukti baik berupa foto atau apapun untuk menguatkan alasan kenapa kurir tersebut dilaporkan. Karena, kurir bertugas hanya sebagai pihak pengirim barang, kecuali jika dilakukan transaksi COD (Cash On Delivery) yang mengharuskan pihak penerima membayar dalam bentuk uang tunai ke kurir yang mengantarkan barang.

Kurir biasanya hanya meminta bukti penerimaan barang dalam bentuk foto, tanda tangan atau nama penerima untuk memberikan keterangan kepada kantor ekspedisi bahwa barang telah sampai ke alamat penerima dengan selamat.

Itulah beberapa tips untuk Kalian yang akan menggunakan jasa pengiriman barang atau tim ekspedisi Surabaya Kalimantan. Semoga bermanfaat.

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.