Apa Itu File JPG? Berikut Uraian Lengkapnya!

Di dunia digital terdapat 5 jenis file image digital yaitu TIFF, JPEG, GIF, PNG dan Raw Images Files. File JPEG atau Joint Photographic Experts Group adalah kompresi file bitmap. Format file foto ini dapat mengkompresi hasil foto yang berukuran besar menjadi kecil.

Sebagian besar kamera digital sekarang menyimpan foto dalam format JPEG, tujuannya adalah agar Anda bisa mengambil lebih banyak foto dalam satu kamera daripada menggunakan format lain. Yuk simak lebih lanjut untuk mengetahui tentang JPG!

pxhere.com

Apa itu JPG?

JPG atau JPEG (Joint Photographic Experts Group) adalah gambar yang telah terkompresi agar dapat menyimpan banyak informasi di dalam file yang kecil. Sebenarnya JPG dan JPEG itu sama, hanya saja pada PC Windows biasanya dibatasi sampai 3 huruf sehingga menjadi JPG, sedangkan di Mac tidak terbatas sehingga menjadi JPEG.

Seperti yang sudah disebutkan, file JPG ini terkompresi, maka dari itu kualitas dan detil dari gambar ikut menurun agar ukuran filenya menjadi kecil. Hal ini disebut sebagai “lossy compression”.

File dengan format JPG biasanya untuk foto di web, karena ukurannya yang kecil sehingga proses upload ke web page lebih cepat dan terlihat cukup bagus. Format ini kurang bagus untuk line drawings, logo, atau desain grafis, karena adanya kompresi yang membuatnya terlihat “bitmappy”.

pxhere.com

Mana yang Lebih Baik? JPG vs PNG

Berbeda dengan file format JPG, format PNG atau Portable Network Graphics adalah format dari file yang mendukung kompresi data yang lossless. Perbedaan paling utama dari JPG dan PNG adalah algoritme kompresi yang digunakan. JPG menggunakan algoritme kompresi yang lossy, dimana format ini menghilangkan beberapa informasi gambar untuk menurunkan ukruan filenya. Berbeda dengan PNG, dimana kualitas gambar tidak akan berubah, tetapi biasanya ukuran filenya lebih besar. Masih ragu apakah mesti menggunakan JPG atau PNG, berikut perbandingannya!

  • Jika Anda ingin memposting gambar di media sosial seperti Facebook atau Instagram, maka opsi yang paling tepat tentunya yaitu gambar JPG. Ya, file JPG ini ukurannya bisa diperkecil dengan kualitas yang masih bagus. Selain itu, JPG juga cocok untuk mengirim gambar lewat e-mail karena ukurannya tidak terlalu besar. Jika file JPG resolusinya besar, maka bisa juga dicetak menjadi poster, wallpaper, dan lainnya.
  • Jika Anda ingin membuat ilustrasi, logo, atau grafik, maka pilihan terbaik tentunya PNG. Meskipun dipotong, namun resolusi dan kualitasnya tetap sama sehingga sangat bagus untuk desain. Selain itu, PNG juga tidak mempunyai latar alias transparan sehingga dapat dengan mudah ditempelkan pada objek gambar lainnya. Untuk editing, PNG memang lebih cocok, dan juga bisa disimpan beberapa kali.

Jika Anda memasukan file JPG ke software editing tertentu, memang ada pengurangan resolusi, karena sifatnya memang seperti itu. Jika Anda membuka lalu menyimpan gambar JPG tanpa adanya penambahan resolusi, maka ada penurunan kualitas dari gambar JPG.

JPG memang dikenal sebagai format gambar yang kompresinya menurun setelah disimpan. Jadi sebaiknya jika Anda ingin kualitas gambar JPG bagus, maka tingkatkan terlebih dahulu resolusinya. Sedikit saran, jika Anda memasukan file JPG ke software editor foto seperti Adobe Photoshop, ada baiknya Anda menyalin file JPG yang original.

pxhere.com

Bukan apa-apa, takutnya Anda menyimpan file JPG yang sudah dimasukan kedalam software, lalu menghapus file yang original karena dianggap sudah tidak digunakan lagi. Ingat, JPG itu karakteristiknya yaitu mengalami penurunan kualitas jika dibuka dan disimpan. Jadi saat meng-edit file JPG, Anda ‘pun mesti meng-edit pula resolusinya sebelum disimpan agar kualitasnya tidak menurun.

Selain itu jika Anda sedang membuat ilustrasi, logo, atau grafik, Anda bisa mengkonversi file JPG menjadi PNG terlebih dahulu. Dengan menjadi PNG, tentu kualitas gambar jadi semakin bagus dan lebih mudah di-edit di software. Ada banyak sekali website yang menyediakan layanan konversi JPG to PNG, sehingga Anda bisa mendapatkan format file yang paling pas saat editing gambar.

Nah, sudah tahu kan apa itu file JPG? Dengan mengenal lebih dekat JPG, Anda ‘pun jadi lebih mudah menentukan kegunaan file JPG ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara memperbesar ukuran file JPG online bisa langsung memasuki situs Cara memperbesar ukuran file jpg online. Lewat situs tersebut, Anda bisa menemukan berbagai review format gambar seperti JPG, PNG, PDF, dan lainnya. Jadi Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.