Apa Pengertian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Itu?

Belakangan ini kita sering mendengar tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang disingkat dengan GERMAS. Ini merupakan sebuah program dari pemerintah melalui Departemen Kesehatan untuk meningkatkan taraf dan kualitas kesehatan masyarakat. Dengan adanya gerakan yang disebut dengan GERMAS ini diharapkan masyarakat akan semakin memiliki kesadaran pada kesehatannya sendiri.

Masyarakat harus dibentuk kesadarannya akan pentingnya kesehatan untuk kemajuan taraf hidup sebagai pribadi maupun sebagai rakyat sebuah negara. Kemajuan sebuah negara hanya akan terjadi jika rakyatnya produktif. Dan agar bisa menjadi produktif seseorang harus memiliki taraf kesehatan yang baik. Kesehatan merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan produktivitas.

Masyarakat harus digerakkan dengan program yang akan membiasakan mereka untuk hidup lebih sehat. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS inilah yang menjadi solusinya. GERMAS terdiri dari beberapa langkah yang harus dilakukan masyarakat agar kualitas kesehatannya meningkat.

Untuk mengenalkannya secara luas saat ini sedang dilakukan sosialisasi secara gencar pada masyarakat. Apa saja langkah-langkah yang masuk dalam GERMAS tersebut? Anda bisa mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini.

7 Langkah dalam GERMAS

pixabay.com

Lakukan Aktivitas Fisik Minimal 30 Menit

Jangan ikut menjadi orang yang memiliki prisip mager atau malas gerak karena itu hanya akan menurunkan kualitas kesehatan tubuh. Di dalam GERMAS disarankan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya selama 30 menit per hari. Jangan terpancang pada jadwal olahraga karena Anda bisa melakukan aktivitas fisik kapan saja.

Anda bisa melakukan langkah pertama dalam GERMAS ini dengan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Menyapu lantai, mengepel, memasak, mencuci baju dan semua aktivitas yang membuat tubuh bergerak.

Konsumsi Buah dan Sayur

Selalu masukan setidaknya satu porsi buah dan sayur ke dalam menu makan harian Anda. Buah dan sayur akan bekerja sama dan saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral maka tubuh akan menjadi lebih kebal dan terhindar dari penyakit. Contohnya vitamin C yang akan melindungi tubuh dari infeksi virus seperti flu.

Dalam kondisi tubuh tertentu kemungkinan kebutuhan vitamin dan mineral akan lebih tinggi. Jika tidak bisa dipenuhi semuanya dari asupan makanan, Anda bisa menambahkan dengan suplemen tertentu. Hanya saja pilihlah suplemen berkualitas seperti tiens peninggi badan misalnya.

Stop Merokok

Sudah lama diketahui bahwa kandungan nikotin yang ada pada rokok akan merusak kesehatan. Sesuai dengan peringatan yang dituliskan pada kemasan rokok itu sendiri, merokok bisa menyebabkan kematian. Jadi kalau ingin hidup sehat berhenti merokok dari sekarang.

Jauhi Alkohol dan Narkoba

Alkohol dan narkoba juga seperti sudah menjadi bagian gaya hidup dari kalangan tertentu. Seperti juga rokok, alkohol dan narkoba merupakan sumber perusak jaringan tubuh. Bagaimana bisa hidup sehat jika jaringan tubuh kita rusak.

Rutin Memeriksakan Kesehatan

Lakukan medical check-up secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan organ dalam tubuh. Tindakan ini juga akan memudahkan antisipasi pada kondisi tertentu agar tidak semakin parah. Tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol adalah contoh kondisi kesehatan yang sebaiknya selalu diperiksa.

Rajin Membersihkan Lingkungan

Banyak penyakit yang datangnya dari lingkungan yang tidak bersih. Lalat, tikus dan beberapa serangga lainnya bisa menjadi perantara sebuah penyakit pada tubuh. Jadi jangan lupa untuk selalu membersihkan lingkungan agar bisa lebih sehat.

Gunakan Jamban

Jangan lupa gunakan jamban untuk urusan buang air besar agar kuman penyakit tidak berkembang. BAB yang dilakukan secara sembarangan akan menjadi media penularan penyakit oleh bakteri, virus dan kuman patogen lainnya. Menggunakan jamban merupakan langkah terakhir dalam GERMAS.

Selain mengetahui langkah dalam GERMAS tidak ada salahnya juga tahu apa yang menjadi tujuannya, yaitu sebagai berikut.

Tujuan GERMAS

pixabay.com

Tujuan Umum

Secara umum GERMAS memiliki 4 tujuan yaitu :

  • Menurunkan tingkat penyakit pada masyarakat.
  • Menurunkan beban biaya dalam pelayanan kesehatan.
  • Meningkatkan produktivitas masyarakat.
  • Menurunkan beban finansial masyarakat untuk keperluan kesehatan.

Tujuan Khusus

Sedangkan tujuan khusus dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS adalah :

  • Intervensi gizi pada 1000 hari pertama pada kehidupan anak.
  • Memperbaiki pelaksanaan pola gizi seimbang pada masyarakat.
  • Meningkatkan aktivitas fisik masyarakat secara terukur dan teratur.
  • Meningkatkan kebiasaan pola hidup sehat pada masyarakat.
  • Meningkatkan taraf kesehatan lingkungan.
  • Mengurangi jumlah konsumsi rokok dan alkohol dalam masyarakat.

Seluruh lapisan masyarakat mulai dari pemerintah pusat dan daerah, para akademisi, organisasi kemasyarakatan hingga individu diharapkan aktif. Pelaksanaan GERMAS yang didukung oleh seluruh lapisan masyarakat tersebut diharapan akan membawa hasil yang maksimal.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.