Inilah Beberapa Manfaat dari Tongkol Jagung

Tongkol jagung merupakan salah satu organ dalam jagung betina yang menjadi tempat untuk bulir-bulir jagung. Tongkol jagung tersebut terbukus kolobot agar bulir-bulir jagung tidak berjatuhan ke tanah. Dalam khazanah ilmu morfologi, tongkol jagung diartikan sebagai tangkai malai utama dari jagung yang telah termodifikasi.

Tongkol jagung sendiri memiliki ragam manfaat dan khasiatnya. Tongkol jagung muda atau biasa disebut sebagai babycorn bisa dimakan dengan cara di masak menjadi sayuran. Sedangkan tongkol jagung tua memiliki kandungan berupa furfural, yang merupakan sejenis monosakarida dengan memiliki lima macam atom karbon. Berikut ini akan kami ulas ragam manfaat dari tongkol jagung yang mungkin belum banyak orang ketahui.

1. Makanan Ternak

Salah satu manfaat yang bisa diambil dari tongkol jagung adalah bisa dijadikan sebagai makanan untuk hewan ternak. Negara Jepang menjadi pelopor dalam memanfaatkan tongkol jagung sebagai makanan untuk hewan ternak. Dari tongkol jagung tersebut akan di giling dengan menggunakan mesin sehingga menghasilkan tepung yang dinamakan dengan concobu.

Tepung tongkol jagung atau concobu ini memiliki berbagai macam kandungan zat. Beberapa diantaranya adalah asam amino, protein, karbohidrat komplek, mineral dan lain sebagainya. Concobu bisa digunakan untuk pakan ternak hewan sapi, kambing ataupun unggas.

2. Bahan kuliner

Manfaat lain dari tongkol jagung adalah bisa di jadikan sebagai bahan kuliner. Contoh konkret dari pemanfaatan tongkol jagung untuk bahan kuliner ada di negara Inggris. Di Inggris, tongkol jagung di proses dengan cara di giling menggunakan mesin. Jagung yang di giling tersebut berasal dari jagung manis.

Setelah melalui proses penggilingan, tongkol jagung yang telah halus tersebut akan di rendam dalam air dingin selama beberapa jam. Dari proses perendaman tersebut akan menghasilkan pati yang memiliki kandungan gizi tinggi. Pati dari tongkol jagung tersebut di jadikan sebagai bahan campuran untuk kue, es krim serta puding.

Nah itulah ulasan lengkap tentang tongkol jagung beserta dengan pemanfaatan dari tongkol jagung tersebut. Sekian dan terima kasih.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.