Jaminan ISO 18788:2015 untuk Keamanan Kerja

ISO 18788:2015 adalah standar internasional yang berguna untuk menjamin kualitas sistem manajemen operasi keamanan. Dengan manajemen operasi keamanan yang terstandar, kemanan kerja akan lebih terjamin sehingga membuat nyaman semua pihak.

ISO 18788:2015 berguna untuk memberikan kerangka kerja yang bisa menjadi dasar untuk menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau serta meningkatkan manajemen operasi keamanan. Berikut ulasan selengkapnya tentang ISO 18788:2015.

ISO 18788:2015 untuk Manajemen Operasi Keamanan

pexels.com

Standar Internasional ini berguna untuk memberikan panduan dan persyaratan bagi organisasi yang sedang melakukan atau membuat kontrak operasi keamanan. Hal ini juga berguna bagi kerangka bisnis dan manajemen risiko untuk melaksanakan operasi keamanan kerja yang efektif dan efisien.

Standar ini secara khusus juga berlaku untuk setiap organisasi yang beroperasi dalam keadaan yang baik atau buruk. Misalnya saja saat tata kelola lemah atau aturan hukum yang mungkin dirusak akibat ulah manusia atau hal lain yang lebih natural.

ISO 18788:2015 menggunakan pendekatan dan metode Plan-Do-Check-Act. Standar Internasional ini bisa menjadi alat dan sarana bagi sebuah organisasi yang melakukan atau membuat kontrak operasi keamanan.

Biasanya operasi keamanan tersebut berguna untuk menunjukkan kapasitas bisnis dan manajemen risiko yang memadai. Kapasitas bisnis dan manajemen risiko yang memadai berguna untuk memenuhi persyaratan profesionalisme klien dan pihak yang memiliki kepentingan lainnya.

Selanjutnya Standar Intenasional ini juga berguna untuk menunjukkan penilaian dan pengelolaan dampak kegiatan organisasi terhadap masyarakat lokal. Jadi diharapkan sebuah organisasi/lembaga/perusahaan tidak berbuat sesuatu yang dapat memicu terjadinya konflik dengan masyarakat sekitar. Dengan standar ini akan menjamin bahwa kecil kemungkinan hal tersebut akan terjadi.

ISO 18788:2015 juga berguna untuk menunjukkan akuntabilitas sebuah organisasi. Maksudnya akuntabilitas terhadap hukum dan penghormatan terhadap HAM atau Hak Asasi Manusia. Sebuah organisasi memang harus menjunjung tinggi dua hal ini jika masih ingin menunjukkan eksistensinya.

Terakhir, standar ini juga berguna untuk menunjukkan konsistensi terhadap komitmen yang sukarela. Komitmen sukarela lah yang dibutuhkan untuk menjadi dasar sebuah organisasi agar tetap berdiri.

Jadi organisasi bagaimana kah yang perlu menerapkan Standar ISO 18788:2015? Standar ISO 18788:2015 berlaku untuk setiap organisasi yang butuh untuk membuat, menerapkan, dan memelihara sistem manajemen operasi keamanan.

Selain itu standar ini juga berlaku untuk organisasi yang perlu menilai kesesuaiannya dengan kebijakan manajemen operasi kemanan yang sudah ditetapkan.

Terakhir, standar ini dibutuhkan organisasi yang perlu untuk menunjukkan kredibilitasnya di mata pelanggan dan klien setia. Maksudnya adalah organisasi tersebut bisa menjamin kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan layanan sesuai keinginan klien yang berlandaskan hukum dan HAM.

Operasi Kemanan Swasta dengan ISO 18788:2015

pixabay.com

Operasi keamanan swasta memiliki peran yang begitu penting dalam memberikan perlindungan yang maksimal terhadap klien negara dan non-negara. Maksudnya mereka yang terlibat dalam upaya bantuan, pemulihan, rekonstruksi, diplomasi, komersil dan aktivitas militer.

Jadi Standar Intenasional ini wajib penerapannya bagi organisasi yang melakukan dan mengontrak operasi kemanan. Khususnya pada lingkungan atau area yang memiliki tata letak yang rawan atau lemahnya hukum karena ulah manusia dan penyebab lain yang alami.

Jadi sebuah organisasi, dalam melayani klien yang sah, harus menerapkan dan mengadopsi standar yang sudah berstandar internasional. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka melakukan tugasnya sesuai dalam koridor hukum yang berlaku serta menghormati Hak Asasi Manusia.

Selain itu standar ini juga memastikan semua kehidupan dan harta akan terlindungi. Sebaliknya segala perbuatan yang tidak baik, ilegal serta berlebihan harus dicegah bagaimana pun caranya.

Jadi organisasi kemanan yang terlibat dalam operasi kemanan harus bekerja sebaik mungkin. Yaitu dengan cara mengelola pemanfaatan taktik yang sesuai, teknik dan prosedur. Selain itu mereka juga harus mempersiapkan peralatan termasuk di dalamnya senjata api. Tujuannya yaitu untuk mencapai tujuan operasional dan manajemen risiko.

Tujuan lain dari Standar Operasional ini adalah untuk meningkatkan sekaligus menunjukkan operasi keamanan yang konsisten. Pastinya juga dapat diprediksi untuk memastikan dengan cara apapun terkait dengan keselamatan dan keamanan klien mereka. Pastinya operasi ini tetap berada dalam kerangka bisnis yang menjunjung tinggi hukum yang berlaku dan berlandaskan Hak Asasi Manusia.

Standar ISO 18788:2015 ini memang dibangun berdasarkan prinsip-prinsip yang berlaku dalam HAM dan Hukum Humaniter Internasional. Dua sumber yang melandasi terbitnya ISO ini memang di dalamnya terdapat kriteria dan pedoman yang mendukung HAM dan hukum internasional.

Demikianlah ulasan tentang ISO 18788:2015 yang mengatur sistem manajemen operasi keamanan yang sesuai hukum dan HAM. Nah untuk Anda yang ingin memiliki sertifikat Standar ISO 18788:2015 secara resmi bisa mendapatkannya di Badan Sertifikasi ISO.

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.