Beberapa Jenis Burung Kenari Beserta Ciri Khasnya

Saking banyaknya jenis burung kenari membuat pecinta burung kebingungan untuk memutuskan mana yang bakalan dipelihara. Ragam jenisnya tentu memiliki perbedaan yang mendasar. Baik dalam tampilannya, kicauannya ataupun kelebihan lainnya.

Kenari memperoleh tempat tersendiri di hati pecinta burung. Suaranya yang khas dan cukup tegas menjadikannya laris diburu oleh masyarakat. Alasannya tentu saja untuk menikmati kicauannya yang menentramkan.

Sejauh ini, masih banyak orang yang kurang memahami jenis-jenis dari burung tersebut. Secara, jenisnya yang banyak yang didasarkan pada lokasi keberadannya. Begitupun dengan jenis baru yang dihasilkan dari proses kawin silang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi yang berguna untuk Anda. Kami akan tunjukkan beberapa jenis burung kenari yang mana bisa dipelihara. Jadi, mari simak informasinya di bawah ini.

Kenari Yokhshire

Ini merupakan jenis kenari yang terbilang mahal. Harganya menyentuh angka jutaan rupiah. Tercatat, burung ini dihargai antara 5-10 juta rupiah.

Kenari jenis ini berasal dari daratan Eropa. Banyak yang menyebutkan bahwa burung ditemukan di Inggris, Jerman dan negara-negara yang ada di Eropa.

Sejak kedatangannya ke Indonesia, burung spesial ini mampu memperlihatkan kekhasannya. Kualitas suaranya membuat penggemar burung berdecak kagum. Apalagi ditambah dengan tampilannya yang lebih garang.

Burung ini memiliki postur yang lebih bagus. Ini bisa dilihat manakala burung berdiri. Postur tubuhnya akan terlihat sangat tegap dengan tumpuan kaki yang cukup panjang.

pickupimage.com

Kenari Border

Jenis burung kenari yang kedua ini berasal dari Inggris dan Skotlandia. Kenari ini juga menarik perhatian sebagian penggemar burung di tanah air. Terutama pada tampilannya.

Tampilannya memiliki ciri khas tubuhnya yang agak gembul. Tampilannya cukup menggemaskan. Memiliki warna yang kuning kecoklatan. Bahkan, ada juga yang berwarna putih di sekujur tubuhnya.

Meskipun terlihat gembul, bukan berarti bahwa burung ini malas. Burung ini cukup lincah. Menariknya, suara yang dihasilkan sangat khas dan cukup panjang.

Beberapa orang mulai menempatkannya dalam jenis peliharaan untuk diikutkan dalam lomba. Bahkan, tak jarang jika kontes tentang kicauan burung kenari ini dimenangkan oleh jenis ini.

Kenari Melayu

Ini merupakan kenari yang berasal dari daratan Indonesia. Orang menyebutnya sebagai kenari gunung. Karena burung ini memang banyak ditemukan di pegunungan yang tersebar di tanah air.

Karakternya ialah suka hidup sendiri. Atau bila dikumpulkan dengan temannya, hewan ini lebih nyaman ketika berkumpul dengan burung dalam kelompok kecil.

Ini berarti bahwa kenari ini cukup aman dan mudah adapatasi manakala dibedakan tempatnya dengan burung lainnya. Dengan kelebihan seperti ini, Anda tentunya akan lebih mudah dalam hal pemeliharaannya.

Kenari Scotch Fancy

Kenari ini memiliki sebutan The Glasgow. Berasal dari Skotlandia. Dan masyarakat di Eropa nampaknya sangat mengidolakannya.

Yang perlu dipahami bahwa jenis ini memiliki keunggulan dalam posturnya. Posturnya melengkung, kepalanya kecil, bahunya besar dan kakinya cukup panjang.

Sebagai penghobi kenari, tentunya ini adalah jenis yang cukup spesial. Dan suaranya nampaknya tidak menjadi prioritas. Hanya tampilannya yang unik dan beda ini membuat penghobi tertarik untuk memeliharanya. Dan harga jualnya di kisaran antara 1-1,5 juta rupiah perekor.

Kenari Lanchasire

Jenis ini termasuk dalam kategori kenari istimewa. Memiliki perawakan yang besar. Bahkan dinobatkan sebagai kenari terbesar di dunia.

Kenari ini memiliki panjang tubuh sekitar 20 cm. Memiliki kepala yang besar, leher tebal, bahu tegak dan punggung lebar. Bagian paling menariknya, kepalanya memiliki jambul yang cukup memikat.

Tercatat bahwa burung ini termasuk spesies yang langka. Cukup sulit untuk menemukannya. Kalaupun bisa, ini berasal dari hasil kawin silang. Biasanya, keturunannya akan memiliki tampilan yang lebih besar.

Langkanya kenari jenis ini menjadikan nilai jualnya meningkat. Anda yang tertarik untuk memeliharanya perlu merogoh kocek cukup dalam. Satu ekornya saja bisa dihargai antara 5-8 juta rupiah.

pickupimage.com

Kenari Gloster

Jika Lanchasire termasuk kenari raksasa, gloster berkebalikan dengannya. Jenis gloster ini termasuk kenari yang mungil. Memiliki panjang tubuh sekitar 11 cm.

Kenari ini juga termasuk burung impor. Memiliki ciri khas pada bulu-bulunya yang merebak. Dan kualitas suaranya nampaknya sangat bagus.

Tipe suara yang dihasilkan lebih berombak dengan cengkokan nada yang begitu khas. Suara seperti inilah yang membuat banyak penghobi tertarik untuk membawanya. Terutama suaranya nantinya dijadikan masteran untuk kenari jenis lainnya.

Sebenarnya, masih banyak jenis burung kenari yang ada di sekitar Anda. Masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Untuk mengetahui lebih jelas tentang jenis lainnya, Anda bisa tengok di duniakicau.net.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.