Jenis Burung Kicau Paling Dicari Di Indonesia

Alasan kuat mengapa banyak orang sangat menyukai burung adalah karena kicauanna. Burung kicau memang sangat menarik untuk dipelihara apalagi ketika mereka berkicau dengan suara yang sangat indah. Di Indonesia penggemar burun yang satu ini bisa dibilang cukup banyak. Bahkan beberapa jenis burung dijual dengan harga yang begitu fantastis.

Lalu apa saja sih jenis burung kiacau yangpopuler di Indonesia? Berikut daftarnya.

Jenis Burung Kicau Dengan Suara yang Paling Banyak Dicari

Jenis Burung Kicau
ilustrasi Jenis Burung Kicau(photo: pixabay.com)

Burung kicau memang memiliki suara yang sangat merdu, namun beberapa jenis dibawah ini memiliki suara merdu yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Burung kicau memiliki tipe suara yang berbeda beda. Berikut ulasannya.

  1. Burung cucak rowo

Burung kicau yang satu ini memang sangat popular di Indonesia. Bahkan ada lagu jawa yang mengangkat burung cucak rowo ini loh. Bukan hanya suranya yang merdu, burung yang satu ini juga memiliki bulu yang indah. Banyak orang memelihara cucak rowo bukan hanya karena suaranya melainkan keindahan bulunya.

Untuk harga dari burun yang satu ini sepertinya anda harus siap merogoh kocek yang lumayan dalam karena burung cucak rowo memiliki harga yang cukup mahal hal ini wajar saja mengingat kualitas suara yang dimilikinya.

Burung cucak rowo juga memiliki banyak jenis lo. Anda bisa langsun melihat berbagai jenis burung yang satu ini ketika berada di pasar burung. Namun, persiapkan uang lebih jika memang ingin membelinya ya.

  1. Murai batu

Tidak kalah dengan cucak rowo, burung yang satu ini juga sangat popoler berkat kicauannya yang sangat indah. Sama halnya seperti burung cucak rowo, murai batu juga memiliki harga yang cukup menguras kantong. Beberapa jenis burung yang satu ini bahkan mulai langka dipasaran, hal ini juga yang menyebabkan mengapa murai batu memiliki harga yang tergolong mahal. Jenis murai batu juga sangat bervariasi, salah satu yang paling banyak dicari adalah murai batu medan karena suaranya yang merdu dan jernih membuat murai medan menjadi salah satu yang paling digemari.

Beberapa jenis murai batu memang sudah mulai langka bahkan di habitat asalnya. Karena kelangkaan tersebut banyak oknum menipu pembeli dengan memberikan murai batu jenis lainnya. Jadi, sebaiknya anda tahu betul perbedaan setiap jenis burung yang satu ini agar tidak tertipu ketika membeli. Namun, secara keseluruhan murai batu memiliki suara yang sangat indah di semua jenisnya.

Jika anda ingin memilihara burung kicau, murai batu bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

  1. Love bird

Burung yang satu ini mungkin menjadi yang paling popular bahkan di kalangan non pecinta burung.  Hal ini dikarenakan burung yang satu ini hanya setiap kepada satu pasangan oleh sebab itu love bird sering dijadikan symbol cinta. bukan hanya setia burung yang satu ini juga sangat popular berkat kiacauannya yang indah. Anda akan jatuh hati ketika mendengar burung yang satu ini mengeluarkan kicaunya.

Burung yang satu ini juga memiliki harga yang tidak murah, anda harus menyiapkan dompet tebal jika berniat membelinya. Love bird ini juga memiliki suara yang sangat unik lo, dan suaranya ini menjadi salah satu favorite bagi para pecinta burung.

Berbagai kompetisi burung kicau sering menjadikan love bird sebagai tema acaranya hal ini dikarenakan keindahan suara dari burung yang sering dikaitkan dengan symbol cinta tersebut.

  1. Pentet

Bagi anda yang senang dengan sura burung yang bukan hanya merdu tapi juga keras, maka burung pentet adalah pilihan yang sangat tepat untuk anda. Burung ini memang terkenal meiliki suara yang nyaring tidak heran jika banyak kompetisi mengadakan kompetisi burung pentet untuk saling mengadu suara yang bukan hanya indah tapi juga kencang.

Untuk warna bulu ini pun begitu indah, bahkan burung yang satu ini memiliki kesan elegan yang cukup kuat. Bagi anda yang memeliharanya bukan hanya akan dimanjakan dengan suara yang merdu tapi juga bulunya yang begitu cantik. Jika ingin memelihara burung ini anda bukan hanya perlu memperhatikan pakannya tapi juga perlu merawat bulunya supaya warnanya tetap indah.

Berkenalan dengan Cucak Ijo Burung Dengan Suara yang Unik

Cucak Ijo
ilustrasi Cucak Ijo (photo: pixabay.com)

Burung cucak ijo atau bisa juga disebut sebagai cucak hijau ini memiliki warna bulu yang unik yakni hijau seperti namanya.

Bukan hanya warnanya saja yang menarik, burung cucak hijau juga memiliki suara yang sangat merdu tidak kalah dengan jenis burung kicau lainnya.

Burung yang satu ini terbilang mudah untuk dijumpai, bahkan penyebarannya hamper ada di setiap wilayah Indonesia. Namun, jenis burung cucak hijau yang paling digemari adalah yang berasal dari bayuwangi. Hal ini dikarenakan jenis burung tersebut dinilai memiliki suara yang paling indah dari jenis burung lainnya sehingga burun ini sering dianggap sebagai primadona.

Itulah beberapa jenis burung kicau yang sangat terkenal di Indonesia khususnya di kalangan pecinta burung. Namun,beberapa jenis burung kicau ini mulai punah sehingga akan sulit untuk menjumpainya. Namun, anda tak perlu khawatir karena anda tetap bisa menikmati suara burung kicau yang merdu ini dari mp3 lo.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.