Cara Mendongkrak Bisnis Jualan Jam Tangan

Menekuni bisnis jualan jam tangan saat ini terbilang sangat bagus. Modal tidak terlalu besar masih cukup untuk membuka usaha tersebut. Terbukti dengan modal kecil, pebisnis bisa meraup untung berlipat. Hanya saja, kecerdikan dalam memasarkannya yang akan membedakan pencapaian antara sesama pebisnis.

Jam tangan sendiri bukanlah produk usang. Kini, jam tangan mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat. Hal ini didorong oleh perkembangan di dunia fashion yang mana menuntut seseorang untuk melengkapi gaya hidupnya agar semakin menarik.

Jam tangan menjadi pilihan aksesoris yang wajib dilekatkan pada pergelangan tangannya. Produk ini tersedia dalam beberapa variasi. Dan pengguna memanfaatkannya dengan berbagai alasan. Diantaranya sebagai pelengkap fashion.

Menyadari akan banyaknya konsumen yang meliriknya, ini menjadi peluang emas buat Anda. Anda bisa membuka usaha jualan jam tangan saat ini.

stocksnap.io

Kategori Bisnis Jam Tangan

Sewaktu Anda ingin membuka bisnis tersebut, Anda perlu memperhatikan kebutuhan dari masyarakat. Survey tentang produk terlaris/dicari masyarakat adalah  hal paling utama. Setidaknya, inilah yang akan mempercepat pertumbuhan bisnis jam tangan.

Di dalam bisnis ini, ada dua kategori yang mana bisa menjadi opsi bagi Anda. Pertama adalah kategori jam ekonomis. Kedua adalah kategori jam mewah.

Dua kategori ini mencirikan tentang kebutuhan serta kualitasnya. Tentunya tanpa mengabaikan keindahan atau model yang bisa melengkapi gaya dari setiap penggunanya. Bahkan untuk kategori mewah, jam tangan ini bisa dijadikan sebagai barang berharga yang mana bisa menunjukkan jati diri seseorang.

Kini tinggal Anda yang menentukan. Misalnya apakah akan menjual yang kategori ekonomis atau yang mewah. Keduanya berkaitan dengan permodalan. Tapi bila Anda memiliki modal cukup besar, Anda bisa menggabungkan kedua kategori ini dalam daftar jualan.

stocksnap.io

Faktor Penting Dalam Bisnis Jualan

Bisnis jualan nampaknya sangat sederhana. Cukup sediakan produk, jual ke konsumen, Anda akan memperoleh keuntungan dari selisihnya. Namun apakah sesimpel itu?

Teorinya memang seperti itu. Tapi prakteknya akan cukup memakan waktu. Dan inilah yang harusnya Anda perhatikan.

Anda akan dihadapkan pada konsumen yang memiliki karakter berbeda. Namun yang paling utama, konsumen itu butuh sebuah produk yang benar-benar terbaik. Artinya, konsumen percaya dengan kualitas produk yang dijual. Misalnya tentang ketahanan, keunggulan dan lain sebagainya.

Selain itu, konsumen butuh sekali sebuah layanan yang memuaskan. Sebagus apapun produk yang Anda jual, akan percuma jika tidak dibarengi dengan pelayanan yang maksimal. Konsumen cenderung menjauh jika layanannya tidak memuaskan.

Intinya, konsumen butuh kejujuran dan kepuasan layanan dari penjual. Dua faktor inilah yang nantinya akan bermanfaat dalam bisnis jualan. Dan untuk mengakomodir seluruh penjualan, Anda butuh aplikasi penjualan untuk memudahkan dalam menghitung perputaran barang ataupun mengatur untung rugi dan stok barang.

stocksnap.io

Tips Mendongkrak Penjualan Jam Tangan

Diasumsikan Anda sudah mulai menekuni bisnis jual beli jam tangan, kini saatnya fokus untuk mencari konsumen. Kecerdasan Anda dalam menemukan konsumen akan sangat berpengaruh pada peningkatan penjualan. Nah, bagaimana cara Anda menemukannya?

  1. Riset Produk Terlaris

Langkah pertama adalah menemukan produk jam tangan yang paling dicari konsumen. Carilah di berbagai media. Misalnya dari marketplace, sosial media dan lain sebagainya.

Setelah menemukan produk tersebut, silahkan cari suppliernya. Usahakan untuk menemukan supplier yang memberikan harga grosir atau harga yang lebih murah. Karena supplier inilah yang akan membuka kesempatan bagi Anda dalam meraup untung lebih besar.

  1. Promosi Produk

Langkah keduanya adalah promosi. Semenarik apapun produk Anda, jika bisnis Anda tidak dikenal akan sama saja. Maka dari itu, promosi wajib dilakukan.

Promosi saat ini sudah lebih mudah. Di era kecanggihan teknologi, Anda bisa memanfaatkannya. Mulai dari promosi lewat media sosial, sampai blog dan lain sebagainya.

  1. Permudah Transaksi Penjualan

Langkah ketiganya adalah mempermudah urusan transaksi. Kalau Anda menjualnya secara online, usahakan agar transaksi pembayarannya lebih mudah. Misalnya sediakan layanan pembayaran melalui berbagai rekening bank.

Alurnya bisa dari konsumen memilih produk, memasukkannya ke list pembelian. Kemudian melakukan pembayaran melalui no rekening yang disediakan. Setelah itu, proses pengiriman dilakukan sesuai ketentuan.

  1. Simpan Kontak Pembeli

Langkah keempat adalah menyimpan kontak dari pembeli. Kenapa? Ini dilakukan untuk menjaga loyalitas pembeli. Misalnya bila ada produk baru, Anda bisa memberikan informasi padanya.

Semakin banyak kontak semisal alamat email, Anda tinggal mengirimkan informasi yang Anda buat. Misalnya tentang promo, produk terbaru dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, buatlah rencana matang tentang alur penjualan yang bagus. Lakukan promosi dan jaga loyalitas pembeli. Dari sini, bisnis jualan jam tangan akan semakin naik daun dalam beberapa bulan/tahun mendatang.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.