Kabupaten Bengkalis

Bengkalis merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Riau dengan Ibukota Kabupaten berada di Pulau bengkalis. Sedangkan kota besar di Kabupaten ini antara lain kota Bengkalis, Kota Duri dan kota Mandau.

Tentang Kabupaten Bengkalis

Dari berbagai kota dan Kabupaten yang ada di Propinsi Riau, Bengkalis menjadi salah satu Kabupaten cukup maju dan beruntung, lantaran berlokasi di kawasan jalur perkapalan tersibuk di dunia, yakni Selat Malaka.

Luas wilayah Kabupaten Bengkalis mencapai 7.93,93 Kilometer persegi, meliputi wilayah kepulauan dan daratan bagian timur Pulau Sumatera. Kabupaten Bengkalis berbatasan dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten kepulauan Meranti di Selatan.

Di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Dumai. Sedangkan di sebelah timur, berbatasan dengan Kabupaten kepulauan Meranti, serta Selat Malaka di sebelah utara. Kabupaten ini terdiri dari 19 kelurahan, 136 Desa dan 11 Kecamatan.

Potensi Ekonomi

Salah satu potensi ekonomi terbesar kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi dan gas. Bahkan, Bengkalis merupakan penghasil minyak bumi dan gas terbesar di Riau dan Indonesia sebelum dibagi menjadi empat wilayah otonom. Minyak bumi dan gas merupakan penyumbang APBD terbesar di Kabupaten ini. Selain itu, ada masih ada beberapa potensi ekonomi di sektor lain seperti perikanan, perkebunan, hutan, pertanian dan industri.

Pariwisata

Kabupaten Bengkalis menyimpan banyak pesona wisata yan cukup menarik. Antara lain, Hutan Lindung Bukit Batu. Merupakan salah satu cagar biosfer di Indonesia. Hutan ini masih sangat alami. Disini, anda bisa mengelilingi hutan melalui sungai menggunakan perahu yang bisa disewa.

Tempat wisata lainya di Bengkalis yakni Masjid Agung Istiqamah. Masjid ini memiliki gaya arsitektur sangat indah dan megah, paduan desain Arab, Turki dan melayu. Jika anda sedang dibengkalis, mampirlah ke masjid ini untuk melihat keindahanya dari dekat.

Selanjutnya, jangan lupa mengunjungi salah satu wisata populer di bengkalis yakni Taman Laut Prapat Tunggal. Selain menikmati keindahan pantai, anda juga bisa menyaksikan berbagai aktivitas kapal barang dan kapal penumpang menyeberang selat Malaka.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.