Inilah Suku, Bahasa, Rumah, dan Pakaian Kebudayaan Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki kebudayaan yang sangatlah kaya jika ingin kamu telisik secara satu per satu. Semisal di daerah Banyumas dengan daerah Tegal, tentu saja budaya yang ada dan di jalankan oleh masyarakat keduanya berbeda satu dengan yang lain. Kekayaan budaya dari jawa tengah ini sudah semestinya kita lestarikan agar kelak anak cucu kita tahu bahwa kita punya kebudayaan yang kaya.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai kebudayaan yang ada di provinsi Jawa Tengah. Apa saja budaya yang ada di jawa tengah? Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai semua kebudayaan yang ada di wilayah provinsi Jawa Tengah yang di kutip dari laman web Hidupsimpel.com.

Kebudayaan Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan provinsi yang masuk dalam kawasan pulau Jawa. Wilayah dari Jawa Tengah sendiri mencapai 25% dari pulau Jawa atau kurang lebih memiliki luas sekitar 32.548 km. Jawa Tengah melingkup beberapa pulau lain di dalamnya seperti Pulau Nusakambangan dan Pulau Karimun Jawa.

Pada sisi sebelah barat, Jawa Tengah berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat. Pada sisi sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Jogjakarta dan juga Samudera Hindia. Pada sisi sebelah Timur berbatasan dengan provinsi Jawa Timur dan sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa.

Kami akan mengulas secara detail mengenai kebudayaan yang ada di Jawa Tengah. Seperti yang sudah lumrah di ketahui banyak orang, di provinsi Jawa Tengah memiliki kebudayaan yang beragam dari masing-masing tempat atau daerah. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang kebudayaan di wilayah provinsi Jawa Tengah.

1. Suku di Jawa Tengah

Wilayah Jawa tengah mayoritas di huni oleh masyarakat keturunan suku Jawa. Dan suku Jawa menjadi salah satu epicentrum kebudayaan. Karena di beberapa wilayah seperti di Surakarta dan Jogjakarta sampai dengan hari ini masih memiliki keraton yang terus di lestarikan. Selain suku Jawa, ada banyak lagi suku yang lain.

Seperti Sunda, Tionghoa, Madura, Batak, Arab, Minangkabau, Betawi, Melayu, Bugis dan Banjar. Dari beberapa suku minoritas tersebut, orang keturunan Tionghoa bisa di bilang yang paling banyak. Mereka merajai dari segi ekonomi. Dan terkadang orang keturunan Tionghoa memiliki perkampungan sendiri yang sering di sebut sebagai kampung Pecinan.

pxhere.com

2. Bahasa di Jawa Tengah

Ada banyak sekali ragam bahasa di Jawa Tengah. Tentu bahasa Indonesia menjadi pemersatu bahasa di semua wilayah yang masuk dalam lingkup wilayah jawa tengah. Dan bahasa Jawa menjadi bahasa kedaerahan. Bahasa Jawa sendiri terbagi lagi menjadi beberapa aksen dan logat yang berbeda-beda.

Semisal di wilayah Purwokerto, banyumas dan sekitarnya, bahasa Jawa yang mereka gunakan adalah jawa ngapak. Dimana ketika mereka bercengkrama di kota lain, bahasa yang mereka ucapkan akan terkesan kasar dan tidak sopan. Bahkan, ada candaan yang beredar kalau dua orang ngapak sedang ngobrol di wilayah jawa tengah lain dan tidak sambil merokok, orang-orang akan mengira mereka sedang cekcok atau bertengkar.

Lain Banyumas lain lagi di Solo. Di solo, bahasa jawa yang mereka gunakan terkesan lebih halus, lemah lembut dan sopan. Bahasa Jawa tersebut adalah krama inggil. Dan masih ada lagi logat-logat bahasa Jawa yang lain dengan keunikan tersendiri di setiap logat bahasa tersebut.

Terkadang meski sama-sama bahasa Jawa, Jawa ngapak misal, antara satu kabupaten dengan kabupaten lain juga berbeda. Bahkan antara satu desa dengan desa lain juga cara pengucapan dan kata-katanya juga berbeda. Ini menandakan Jawa Tengah teramat kaya dari segi bahasa.

3. Agama di Jawa Tengah

Masyarakat Jawa Tengah adalah masyarakat yang plural. Ada berbagai macam agama yang di anut oleh masyarakat jawa tengah. Semua agama yang ada di Indonesia menyebar luas di seluruh Jawa Tengah.

Beberapa agama tersebut antara lain adalah Islam, Kristen (Protestan dan Katolik), Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Dengan keragaman agama yang dianut oleh masyarakat Jawa Tengah menandakan provinsi ini memiliki rasa persatuan dan toleransi yang tinggi. Semoga saja, ya.

pxhere.com

4. Rumah adat Jawa Tengah

Ada beberapa Rumah adat yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah. Tentu ketika kita membicarakan rumah adat Jawa Tengah, yang terlintas di pikiran kita adalah rumah Joglo atau Tikelan. Karena memang rumah joglo yang menjadi paling terkenal.

Namun ternyata ada rumah adat lain di wilayah Jawa Tengah yang mungkin belum kamu ketahui. Beberapa rumah adat yang berada di provinsi jawa tengah antara lain adalah Tajug atau Tarub, Limasan, Kampung, dan juga rumah Panggang Pe.

5. Pakaian Adat Jawa Tengah

Ada beberapa pakaian adat di wilayah provinsi Jawa Tengah. Beberapa diantaranya adalah Jawi Jangkep, Kebaya, Kanigaran, Batik, Pangsi, Surjan dan Beskap dan juga Basahan. Pakaian batik menjadi yang paling terkenal dan salah satu daerah penghasil batik terbaik ada di Pekalongan.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai kebudayaan yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Sudah semestinya kebudayaan tersebut terus lestari sampai dengan anak cucu kita bisa mengenalnya nanti.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.