Langkah – Langkah Dalam Pelaksanaan Audit Internal ISO 9001

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata audit perusahaan? Bagi anda yang mempunyai sebuah usaha maupun perusahaan tentu akan sangat khawatir ketika dilangsungkan proses audit. Beberapa pihak menganggap bahwa kegiatan audit adalah hal yang menakutkan. Kegiatan audit ini memang dilakukan di sebuah perusahaan untuk melihat mengenai kesesuaian pelaksanaan yang telah dilakukan di sebuah perusahaan. Audit dianggap menjadi hal yang mengkhawatirkan karena jika gagal di dalam proses audit maka perusahaan tersebut harus mengulang kembali proses tersebut. Melakukan proses audit ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Sehingga sangat penting dilakukan proses audit tersebut.

Tidak hanya sekedar membahas proses audit saja. Pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai sebuah badan ISO yang terkenal sebagai badan yang mengeluarkan sertifikasi mengenai perusahaan. Sertifikasi tersebut didapatkan ketika sudah melalui sebuah proses audit perusahaan. Lembaga ISO di Indonesia ada banyak sekali, namun rata – rata badan ISO ini berasal dari luar negeri. Namun jangan pernah mempermasalahkan antara ISO dalam negeri maupun luar negeri, pasalnya kedua badan tersebut tidak ada bedanya. Sertifikasi yang dikeluarkan dari badan tersebut tentu sudah valid dan bisa diakui secara sah. Dari penjelasan ini anda bisa menarik kesimpulan bahwa badan ISO dan proses audit perusahaan adalah hal yang saling berkaitan satu sama lain.

Badan Sertifikasi ISO

Tentu saja anda pernah mendengar badan sertifikasi ISO. ISO sendiri adalah sebuah badan yang digunakan untuk menetapkan berbagai standar di dalam perusahaan. Badan sertifikasi ini bisa digunakan untuk mengeluarkan sebuah sertifikasi melalui sebuah kegiatan audit perusahaan. Dengan adanya sertifikasi ini tentu bisa digunakan untuk meningkatkan rasa kepuasan konsumen. Tentu saja untuk bisa menerapkan ISO di sebuah perusahaan tidaklah mudah untuk dilakukan. Sebuah perusahaan membutuhkan sebuah komitmen yang konsisten untuk melakukannya dan juga semua pihak yang ada di dalam perusahaan harus bekerja secara bersama – sama untuk bisa meningkatkan kepuasan dari konsumen.

Dari penjelasan di atas tentu anda juga sudah paham bahwa keberadaan dari pelaksanaan ISO ini sangat penting. Satu hal yang harus dilakukan demi berjalannya ISO ini dengan tepat adalah melalui proses audit. Tentu saja proses ini bisa digunakan untuk melakukan evaluasi mengenai apa yang sudah dilakukan perusahaan, apakah sudah sesuai dengan pelaksanaan ISO sendiri. Pelaksanaan audit ini tentu saja sejalan dengan PDCA yang mana digunakan untuk menjalankan ISO sesuai dengan jalannya dan juga terdapat langkah – langkah dalam pelaksanaan audit perusahaan.

Langkah – Langkah Proses Audit Perusahaan

Badan ISO dalam menjalankan tugasnya seperti melakukan audit juga membutuhkan sebuah proses. Tidak hanya pihak pelaksana audit saja yang harus melalui berbagai proses. Pihak perusahaan juga harus menyiapkan semua kebutuhannya selama proses audit. Pada tahap inilah pihak perusahaan harus bisa menyiapkan berbagai hal sebaik mungkin. Pasalnya jika tidak menyiapkan apa yang sesuai dengan ISO maka bisa saja proses audit gagal dilaksanakan. Kegagalan ini akan membuat pihak perusahaan tidak mempunyai sertifikasi. Sedangkan untuk melakukan proses audit ini juga dibutuhkan langkah yang tidak sedikit. Ulasan di bawah ini akan menjelaskan mengenai langkah – langkah dalam pelaksanaan audit internal :

  1. Merencanakan jadwal audit

Sebelum melaksanakan proses audit tentu saja harus menyiapkan jadwal pelaksanaannya. Pada tahap ini adalah untuk membuat pihak dari perusahaan maupun pihak dari tim pelaksana audit untuk bisa menyiapkan berbagai hal keperluan kegiatan aduit internal tersebut.

  1. Perecanaan proses audit

Jika jadwal sudah ditentukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan proses audit itu sendiri. Pada proses ini peninjauan kembali untuk hasil audit yang sebelumnya sangat penting. Jika ada beberapa masukan yang harus ditindak lanjuti maka bisa diperhatikan kembali dalam pelaksanaan proses audit yang sekarang.

  1. Pelaksanaan audit

Tibalah untuk melakukan proses audit. Dalam proses ini maka akan diadakan sebuah pertemuan antaa auditor dan juga pemilik. Dalam proses ini akan dilakukan berbagai hal untuk mengumpulkan berbagai informasi untuk membuat sebuah catatan.

  1. Pelaporan audit

Setelah proses audit selesai dilakukan maka akan diadakan pertemuan kembali. Tentu saja pertemuan ini digunakan untuk menyampaikan hasil dari pelaksanaan audit. Biasanya akan disampaikan mengenai hal – hal yang dianggap kurang dan harus diperbaiki.

  1. Tidak lanjut ataupun perbaikan dari yang ditemukan

Dari hasil – hasil temuan yang sudah didapatkan dari proses audit tersebut maka dilakukan sebuah tidak lanjut. Nah adanya tidak lanjut ini berguna untuk menentukan kedepannya mengenai apa yang harus dibenahi kembali.

Itulah beberapa langkah – langkah dalam pelaksanaan audit, tentu saja setiap proses tersebut harus dijalankan. Adanya proses audit ini tentu sangat menguntungkan bagi pihak perusahaan. Dengan begitu mereka bisa dengan mudah untuk membuat perusahaannya berjalan dengan semestinya. Jika ditemukan beberapa hal yang belum sesuai maka bisa diperbaiki untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan itu sendiri. Itulah sekilas informasi mengenai badan ISO dan juga langkah yang digunakan untuk pelaksanaan audit. Dari penjelasan di ini tentu anda akan semakin paham dengan proses audit.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.