Makanan Penyebab Sakit Ginjal, Jangan Konsumsi Berlebih

Organ ginjal merupakan salah satu organ yang ada pada tubuh manusia yang memiliki peran yang sangat vital. Ginjal ini memiliki banyak peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia, mulai dari menyaring kotoran, limbah, dan berbagai zat yang berlebih pada tubuh manusia. Maka dari itu sangat penting sekali bagi kita semua untuk selalu memperhatikan kesehatan ginjal.

Menjaga kesehatan ginjal memang sangat penting sekali biar organ ini mampu berfungsi dengan baik. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal, salah satunya  menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Terutama dalam pemilihan makanan yang akan dikonsumsi.

Jadi makanan dan minuman yang bisa memicu adanya penyakit ginjal maka jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebih. Ketika organ ginjal sudah mengalami kerusakan walau sekecil apapun itu maka bisa berdampak buruk pada seluruh tubuh. Maka dari sangat perhatikan betul semua jenis makanan yang akan anda makan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa makanan penyebab sakit ginjal. Untuk itu silahkan simak penjelasannya berikut ini :

  1. Garam

Kita ketahui bersama kalau garam itu mengandung 40% zat natrium dan zat pemutih serta dekstrosa. Ketika seseorang melakukan diet garam maka bisa mengubah keseimbangan natrium. Hal ini bisa menyebabkan turunnya fungsi ginjal. Diet garam sudah terbukti mampu meningkatkan jumlah protein sehingga mampu menurunkan fungsi ginjal. Untuk menjaga ginjal tetap sehat pastikan tidak mengkonsumsi lebih dari 6 gram garam setiap harinya.

  1. Alkohol

Alkohol ini bisa menaikkan kadar asam urat pada tubuh sehingga ini bisa menyebabkan penyakit ginjal. Maka dari itu hindari mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih. Seorang peminum dan perokok sangat besar terserang penyakit ginjal.

  1. Daging sapi

Salah satu daging yang memiliki protein hewani tinggi adalah danging sapi. Protein hewani ini bisa menghasilkan asam yang lebih dalam darah. Namun asam tinggi ini bisa membahayakan organ ginjal. Jadi usahakan untuk makan seimbang makan daging, sayur dan buah.

Demikianlah beberapa makanan penyebab sakit ginjal, sebenarnya masih ada juga yang lain seperti kopi dan kacang-kacangan. Intinya mengatur pola makan yang seimbang agar orga ginjal tidak rusak. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan untuk kita semua.

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.