Manfaat Berenang Bagi Anak Anak

Berenang merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan. Tidak hanya untuk orang dewasa, bahkan sekarang banyak anak anak yang juga jago berenang. Hal ini membuktikan olahraga ini merupakan olahraga multi age yang bisa dilakukan oleh siapapun. Bahkan berenang sendiri banyak memberi manfaat tidak hanya untuk orang dewasa, anak anak bisa mendapatkan suatu manfaat yang sangat berarti. Terutama bagi tumbuh kembangnya lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari berenang bagi anak anak? Simak penjelasannya berikut ini

1. Berenang dapat Mengatasi Depresi

Renang ternyata bisa mengatasi depresi pada anak anda. Hal ini karena dengab melakukan olahraga air ini. Segala permasalahan maupun depresi tadi dapat dihilangkan lewat cerianya bermain air. Berenang juga diklaim mampu memberikan energi positif pada anak, kita sebagai orang tua harusnya bisa mendorong lebih kepada anak agar mencintai olahraga air ini karena dapat meningkatkan kesehatan emosionalnya.

Alasan renang dapat meningkatkan kesehatan mental adalah karena dalam olahraga ini kita akan merasa tenang saat berada di air. Suasana yang dihadirkan dari daya apung alami ini membuat tubuh kita lebih rileks. Tidak hanya itu dengan menggerakkan tubuh kita di air maka mampu meningkatkan suasana hati menjadi lebih ceria dan mampu meningkatkan mood. Dengan begitu renang mampu menghilangkan depresi pada anak anda.

2. Dijadikan Sebagai Bekal Keselamatan

Ternyata renang tidak hanya memanfaatkan dari segi fisik lho, renang bagi anak anda merupakan sebuah media untuk lebih aware terhadap keselamatan. Semakin sering dan semakin mahir anak anda berlatih hal ini bisa menjadi bekal untuk keselamatan dirinya. Pasalnya apabila sesuatu terjadi pada dirinya yang berhubungan dengan perairan, dia bisa mengatasinya dengan baik. Seperti tenggelam di pantai, terseret ombak, atau tidak sengaja terjatuh ke dalam kolam.

Dengan anak yang mampu berenang, membuat orang tua jadi lebih tenang saat membawa anak tersebut ke tempat yang berhubungan dengan air seperti pantai maupun kolam renang. Namun kita sebagai orang tua harus tetap mengawasi putra putri kita untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

3. Berenang dapat Menjaga Jantung Anak Supaya Tetap Sehat

Berenang secara rutin dan berkala ternyata sangat bermanfaat bagi organ dalam manusia terutama bagi anak anak. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru anak anak anda. Karena kita tahu, jantung dan paru-paru merupakan organ penting yang harus selalu kita jaga.

Berenang merupakan Olahraga yang sangat bermanfaat bagi sistem kordiovaskuler. Akan tetapi tidak hanya itu, ternyata renang juga mampu meningkatkan postur tubuh anak anda. Dengan rutin renang maka bentuk tubuh anak anda jadi lebih baik lagi. Bahkan renang bisa meminimalkan potensi obesitas.

4. Berenang Dapat Mengatasi Radang Sendi

Berenang juga sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan pada radang sendi. Radang sendi merupakan penyakit yang cukup serius, setidaknya dengan rutin renang pada masa anak anak mampu meminimalisir potensi radang sendi ketika dewasa kelak. Mengapa demikian? Karena dengan olahraga renang ini. Anda akan dituntut untuk menggerakkan semua anggota badan Anda.

Namun pergerakan yang dilakukan oleh anggota badan tersebut ditopang oleh gaya apung dari kolam. Sehingga sendi tadi lebih rileks dan tidak kaku. Semakin Anda sering mengajak anak anda untuk berenang, maka persendian menjadi lebih rileks termasuk otot otot penggeraknya. Bahkan berenang lebih ampuh dalam mengatasi radang sendi daripada olahraga lain seperti berlari dan melompat.

5. Berenang dapat Membantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Masih membahas tentang organ dalam tubuh, kali ini renang juga bermanfaat dalam pembentukan dan pemadatan tulang terutama bagi anak anak yang dalam masa pertumbuhan. Dalam renang, seluruh tulang dan persendian bergerak dengan aktif dan tetap rileks. Hal ini memancing tulang untuk merangsang zat zat yang digunakan untuk pemadatan tulang karena tulang sering digunakan sehingga sel sel nya lebih aktif dalam membelah. Tulang dan persendian menjadi lebih kuat dan merangsang banyak kalsium untuk tumbuh kembang anak anak anda.

6. Berenang dapat Meningkatkan Karakter

Tidak hanya manfaat dari segi fisik, dari segi moral dan karakter juga bisa dibawa dari kegiatan berenang. Dengan berenang, banyak pelajaran yang bisa anak anda serap ke dalam kehidupannya sehari hari. Misalnya saja saat anak anda mengikuti instruksi yang diberikan oleh instruktur. Hal ini mampu meningkatkan sikap saling menghargai.

Saat belajar berenang, anak anda juga akan terus berusaha dan mampu mengajarkan sikap tidak cepat putus asa. Bahkan renang juga mampu meningkatkan sikap disiplin anak, hal ini ditujukan saat anak tersebut menggerakkan tangan, kaki dan bernafas. Anak anda harus konsisten dan tidak boleh semaunya sendiri agar mereka bisa berenang dengan baik.

7. Berenang Mampu Melatih Keberanian Pada si Anak

Salah satu yang menarik adalah dengan berenang mampu meningkatkan keberanian dalam diri anak anda. Pasalnya banyak orang dewasa yang takut atau phobia dengan air. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu. Dengan rutin mengajarkan renang pada anak anda. Maka akan membawa dampak positif pada kehidupan dewasanya kelak. Dengan mahir berenang sejak dini mampu membentuk mental kuat dan berani menghadapi tantangan.

Setelah mengetahui manfaat berenang untuk anak-anak dan kalian tertarik membuat kolam renang pribadi untuk anak-anak di rumah, kalian wajib mencari Kontraktor kolam renang yang sudah berpengalaman membuat kolam renang anak-anak agar kolam bisa aman digunakan oleh anak-anak.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.