Manfaat Padi Berdasarkan Jenisnya

Kita makan nasi setiap hari, tetapi apakah Anda tahu berapa banyak jenis padi atau beras dan kegunaan yang berbeda-beda loh? Beberapa jenis padi baik untuk kesehatan, sementara yang lain tidak baik untuk kesehatan jika terlalu banyak di konsumsi.

Berikut adalah beberapa jenis padi beras dan manfaat serta nutrisi yang terkandung di dalamnya.

1. Padi Beras Merah

Padi beras merah sangat populer saat ini. Karena beras merah lebih bergizi daripada beras putih. Beras jenis ini mengandung nutrisi bermanfaat seperti quercetin, luteolin dan apigenin.

Nutrisi ini dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Selain itu, beras merah mengandung serat 3 kali lebih banyak dan lebih banyak protein daripada beras putih. Sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan baik untuk pencernaan. Beras merah kaya akan magnesium dan dapat membantu mencegah kenaikan gula darah, sehingga aman dan bermanfaat bagi penderita diabetes.

2. Padi Beras Putih

Beras putih adalah jenis beras yang perlu menghilangkan sekam dan dedak padi selama pemrosesan. Dengan proses ini dapat membantu memperpanjang umur simpan beras, tetapi juga menghilangkan banyak nutrisi.

Produk akhir dari padi beras putih tidak hanya rendah nutrisi, tetapi juga rendah serat, mineral, vitamin, protein dan antioksidan. Itu sebabnya beras putih tidak aman bagi penderita diabetes. Makan terlalu banyak beras putih juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

3. Padi Beras ketan

Padi beras ketan saat dimasak, warna hitam nasi secara bertahap berubah menjadi ungu gelap. Ada banyak varietas beras ketan dan yang semuanya sangat kaya akan antioksidan.

Sehingga jenis padi ini dapat membantu mengurangi efek oksidasi dan dapat mencegah perkembangan penyakit degeneratif terkait usia, masalah jantung, gangguan kognitif dan diabetes tipe 2.

Selain itu, beras Ketan kaya akan anthocyanin, pigmen tanaman flavonoid yang terlibat dalam berbagai sifat anti-inflamasi dan anti-kanker.

Itulah 3 jenis padi beras yang umum kita konsumsi, jadi sekarang kita bisa lebih mengetahui apa saja manfaat dari padi berdasarkan jenis beras yang dihasilkannya untuk kesehatan.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.