Mengenal Teripang Laut yang Istimewa

Anda penggemar kuliner seafood tentunya sudah kenal dong dengan teripang. Iya bintang laun yang bentuknya mirip timun ini memang merupakan salah satu hewan laut yang sangat lezat apabila diolah sebagai kuliner. Selain itu tripang juga terkenal kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yang paling terkenal adalah kandungannya yang dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

Teripang merupakan biota laut yang dapat dikonsumsi dan dijadikan sebagai sumber protein hewani. Teripang juga telah lama dikenal dan dijadikan sebagai bahan makanan. Teripang merupakan binatang yang bergerak lambat yang biasanya hidup di substrar pasir, lumpur pasiran, alga, lamun, atau juga biasanya terdapat di terumbu karang.

Ciri-ciri Teripang Laut

Binatang laut yang bergerak lambat ini memilii ciri utama yakni bentuknya yang seperti timun. Oleh karena itu teripang juga seirng disebut sebagai timun laut. Apabila Anda memegang teripang, maka Anda akan merasakan kulitnya yang terasa kasar dengan lempeng-lempeng zat kapur yang terdapat pada duri-duri kecilnya. Hewan yang satu ini pada umumnya hidup dipantai dengan kedalaman hingga 366 m.

Salah satu keunikan dari binatang ini adalah organ tubuhnya berjumlah lima atau kelipatannya. Hewan ini juga memiliki saluran air yang disebut sebagai ambulakral. Adapun sistem saluran air tersebut digunakan untuk bernafas, bergerak, atau untuk membuka apabila ia mendapatkan mangsa yang bercangkok. Teripang biasanya bisa dengan mudah ditemukan di tepi pantai. Binatang ini memiliki gerakan yang tidak kaku, lembut, fleksibel, dan juga tidak memiliki lengan. Mulut dari binatang ini terletak di bagian ujung anterior dan anusnya terdapat pada ujung posterior.

Teripang Laut Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jenis teripang paling banyak di dunia. Dari sekitar 650 jenis teripang, sekitar 10% diantaranya terdapat di Indonesia. Namun tidak semuanya memiliki nilai jual yang tinggi. Nah berikut beberapa jenis teripang laut di Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi:

  • Teripang koro
  • Teripang hitam
  • Teripang gama
  • Teripang nanas
  • Teripang pasir.

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.