Mengetahui Fungsi Bronkus pada Saluran Pernafasan

Bronkus adalah saluran pernafasan dari sistem pernafasan manusia yang berada setelah trakea pada tenggorokan dan memiliki fungsi sebagai saluran masuknya udaran yang terhirup oleh hidung. Bronkus terdiri dari dua cabang utama yang berada di sebelah kanan dan kiri. Cabang pada bronkus tersebut sering di sebut sebagai bronkiolus.

Pada bronkus sebelah kanan, terdiri dari 3 cabang bronkiolus dan pada bronkus sebelah kiri terbagi menjadi dua cabang bronkioulus. Antara bronkus sebelah kanan dan kiri yang lebih sensitif terserang penyakit adalah bronkus sebelah kanan. Hal ini di sebabkan oleh bronkus sebalah kiri terletak lebih mendatar di banding dengan bronkus sebelah kanan.

Fungsi Bronkus

Adapun fungsi dari saluran pernafasan manusia atau bronkus ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Produksi Mukosa

Fungsi pertama dari bronkus adalah melakukan produksi mukosa. Mukosa adalah dahak yang memiliki fungsi untuk mencegah iritasi pada bronkus. Dengan memproduksi dahak atau mukosa, maka hal tersebut dapat menjaga kesehatan sistem pernafasan di tubuh manusia.

Peran dari dahak yang di produksi oleh bronkus ini adalah untuk mencegah terserapnya debu ataupun partikel-partikel yang berbahaya ke dalam saluran pernafasan sehingga tidak akan menyebabkan peradangan atau iritasi di paru-paru.

Namun, bila sistem pernafasan atau paru-paru mengalami infeksi, maka secara otomatis bronkus akan memproduksi mukosa atau dahak tersebut dengan skala yang lebih banyak untuk menyembuhkan iritasi tersebut.

2. Mencegah debu dan partikel masuk ke paru-paru

Fungsi lain dari bronkus adalah untuk dapat mencegah debu ataupun partikel-partikel yang asing dan berbahaya masuk ke dalam paru-paru. Perlu di ketahui bahwa bronkus memiliki bulu-bulu halus getar yang terdapat pada bagian dinding bronkus. Bulu-bulu halus atau silia tersebut yang akan berperan mencegah masuknya debu atau partikel ke dalam paru-paru.

Namun, silia pada bronkus ini mudah rusak apabila terkena paparan asap rokok. Ketika silia tersebut rusak, maka silia tidak mampu mencegah debu atau partikel asing masuk ke dalam paru-paru sehingga bisa jadi akan terdampak penyakit kronis berupa bronkitis.

Nah itulah beberapa fungsi dari bronkus. Sekian dan terima kasih.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.