Mengunjungi Air Terjun Tertinggi Di Indonesia, Air Terjun Sigura Gura

Sumatera Utara memiliki banyak wisata air terjun terkenal yang sangat indah. Namun wisata air terjun di Sumatera Utara yang satu ini memiliki keistimewaan lain, yaitu merupakan air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Terletak di Kabupaten Toba Samosir, air terjun ini selalu ramai dengan wisatawan. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 250 meter, merupakan air terjun tertinggi di Indonesia di atas air terjun tinggi lainnya, seperti air terjun Madakaripura setinggi 200 meter dan air terjun Payakumbuh yang terletak di Sumatera Barat setinggi 150 meter.

Dimanfaatkan Menjadi Arena Olahraga Air

Aliran air dari air terjun Sigura Gura ini berasal dari Sungai Asahan yang bersumber langsung dari Danau Toba. Aliran air terjun tertinggi ini sudah bisa didengar dari kejauhan dengan alirannya yang deras. Kawasan wisata alam ini sudah terkenal hingga ke wisatawan mancanegara. Biasanya para wisatawan akan memanfaatkan kunjungan mereka kemari dengan berendam di air terjun hingga mencoba aktivitas yang lebih ekstrem seperti arung jeram. Aliran airnya yang deras membuat lokasi air terjun di Sumatera Utara ini cocok untuk dijadikan arena arung jeram, bahkan seringkali diadakan kompetisi arung jeram nasional dan internasional di tempat ini.

Kamu harus berhati-hati ketika menyusuri bebatuan di kawasan air terjun Sigura-Gura, karena bebatuan di sini cukup licin. Meski begitu, hal ini tak menyurutkan mereka yang menyukai olahraga panjat tebing. Seringkali para wisatawan yang memang menggandrungi olahraga panjat tebing melakukannya di kawasan air terjun Sigura Gura sembari berkemah di sini.

Banyaknya manfaat air terjun ini sebagai media berolahraga dan wisata alam juga dimanfaatkan untuk menjadi media penghidupan warga sekitar. Aliran airnya yang deras dimanfaatkan warga sebagai sumber irigasi lahan perkebunan. Selain itu, aliran air terjun Sigura Gura juga dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Kamu bisa mencapai kawasan air terjun ini dengan berkendara sejauh kurang lebih 250 kilometer menuju Toba Samosir selama 4 jam.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.