Merawat Bulu Kucing Persia Medium Agar Tidak Rontok

Kucing Persia Medium menjadi incaran cat lovers di Indonesia. Jenis ini memiliki karakteristik bulu yang tebal dan lembut. Untuk menjaganya, dibutuhkan perawatan khusus.

Pemeliharaan hewan menggemaskan ini memang tidak hanya sekedar pemberian pakan dan penyediaan kandang yang sesuai. Lebih dari itu, pemiliknya disarankan untuk melakukan perawatan rutin seputar bulunya.

Bulu kucing bisa rontok kapan saja. Bulunya yang tebal juga memungkinkan adanya kutu atau kotoran. Untuk itulah, pemiliknya wajib melakukan perawatan intensif guna meminimalkan masalah tersebut.

Bila tidak dirawat dengan semestinya, dikhawatirkan kucing akan kehilangan keunikannya. Yang terparah adalah bisa jatuh sakit, sampai berprilaku agresif terhadap pemiliknya. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara Anda dalam merawat bulu kucing Persia tersebut?

Sebelum masuk ke dalam bahasan perawatan bulu kucing, ada baiknya Anda mengenali seperti apa jenis kucing ras Persia medium ini. Untuk memahaminya, mari perhatikan ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Kucing Persia Medium

Kucing ras Medium ini sebenarnya tidak jauh beda dengan jenis lainnya. Tubuhnya tambun, memiliki kaki-kaki pendek nan kokoh untuk menopang berat badannya. Karakteristiknya juga sama, yaitu suka dimanja dan agak malas untuk bergerak.

Walaupun begitu, tetap saja ada perbedaan mencolok yang menjadi ciri khasnya. Perbedaannya terletak pada hidung dan bulunya. Hidungnya lebih datar, serta bulunya lebih lebat.

Untuk panjang bulunya bisa dikatakan standar. Bulunya halus dan menutupi sekujur tubuhnya dengan rapi. Hanya saja, bulu ini rentan mengalami kerontokan bilamana tidak dijaga dengan baik.

Di sebagian wilayah Indonesia, Kucing Persia Medium ini menjadi primadona. Meskipun harganya melambung tinggi, nyatanya cat lover tidak surut untuk memilikinya. Tercatat bahwa harga jenis ini mencapai 6-9 juta rupiah perekor.

Mahalnya harga jual tentunya berbanding lurus dengan penampilan kucing tersebut. Tapi Anda yang kurang teliti dalam melakukan perawatan, kucing ini bisa tampil kurang menarik. Terutama jika Anda membiarkannya begitu saja dalam hal perawatan bulunya.

Menyadari akan hal ini, sudah semestinya Anda perlu lebih memperhatikan bagaimana melakukan pemeliharaannya. Bagaimana seharusnya Anda dalam menjaga ketebalan bulu kucing tersebut?

Tips Merawat Bulu Kucing Persia

Nilai plus dari kucing ras ini terletak pada karakternya yang manja serta bulunya yang lembut dan lebat. Pecinta kucing menyukai kegiatan seperti membelai bulu-bulu tersebut. Oleh karenanya, poin utama dalam pemeliharaan harusnya merujuk pada perawatan bulu itu sendiri.

Bagi Anda yang sudah memiliki atau baru membelinya, ada beberapa tips bermanfaat dalam menjaga bulu kucing tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Jadwalkan Untuk Memandikan

Bagi pecinta kucing, kegiatan memandikan sangat diperlukan. Selain untuk menjaga kebersihannya, memandikan juga menjadi cara terbaik untuk mempertahankan ketebalan bulunya.

Kegiatan ini diharapkan bisa meminimalkan masalah seperti kutu maupun kotoran. Pasalnya, kutu dan kotoran ini bisa memicu kerontokan. Contohnya bila dipenuhi kutu, kucing akan menggaruk yang nantinya berakibat pada kerontokan bulu.

Supaya kutu ini hilang, memandikan adalah pilihan yang tepat. Anda disarankan untuk menggunakan shampoo khusus. Dan memandikannya cukup dilakukan satu bulan sekali.

  1. Rutinkan Dalam Menyisir Bulunya

Selain memandikan, rajinlah untuk menyisir rambut/bulunya. Menyisir tidak hanya bisa menjaga ketebalannya, tapi juga bermanfaat untuk merapikan bulu sehingga penampilannya semakin menarik hati.

Pada proses penyisirannya, Anda sangat disarankan untuk menggunakan sisir khusus. Sisir ini bisa dibeli di petshop.

Penggunaan sisir ini secara tidak langsung akan membuat saluran darah semakin lancar. Buahnya, bulunya akan ternutrisi sehingga semakin kuat. Bahkan, bulunya akan semakin sehat dan tebal.

  1. Berikan Multivitamin

Poin ketiga dalam menjaga ketebalan bulu kucing Persia ini adalah menjadwalkan pemberian multivitamin. Multivitamin ini bisa dimasukkan ke dalam makanan hariannya. Pemberiannya bisa dijadwalkan sendiri menurut kebutuhan.

Nah, vitamin yang paling berguna untuk menjaga ketebalan bulu adalah vitamin E. Pasalnya, vitamin inilah yang nantinya akan memperkuat bulu di sekujur tubuhnya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu memberikan vitamin A. Vitamin tersebut akan mendorong rambutnya tetap basah dan terminyaki. Jadinya, bulunya akan terasa lebih lembut dan ketika disisir tidak akan tercabut.

Perawatan bulu ini harus dilakukan secara rutin. Meskipun harus mengeluarkan biaya, tapi itu untuk kebaikan kucing. Secara, kucing idealnya menjaga penampilan bulunya agar terlihat istimewa di hadapan kucing lainnya.

Apabila Anda kurang dalam memberikan perawatan tersebut, kucing akan merasa tidak nyaman. Akibatnya, kucing akan terlihat depresi. Jadi, usahakan sebaik mungkin perawatannya agar Kucing Persia Medium ini jauh lebih sehat.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.