Mengenal Lebih Jauh MIPA UGM

Menjadi mahasiswa merupakan salah satu tujuan setelah menempuh pendidikan Sekolah Menengah atas atau SMA sederajat. Ada ribuan universitas di Indonesia baik yang swasta maupun yang negeri. Dari sekian banyak perguruan tinggi yang ada, ada beberapa yang menjadi unggulan seperti UGM Yogyakarta.

Kampus tertua, terbaik dan terluas di Indonesia menjadi contoh bagi kampus-kampus yang lainnya. Berbagai fakultas ada di universitas ini merupakan fakultas unggulan. Salah satunya adalah fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau MIPA. MIPA UGM telah berdiri sejak tahun 1955.

Fakultas ini memiliki 7 program studi untuk Sarjana yang terbagi menjadi 4 Departemen yaitu Departemen Matematika, Fisika, Ilmu Komputer dan Elektronika serta Kimia. Selain itu juga terdapat 4 program Magister (S2) dan 5 program Doktor (S3).

pxhere.com

Program Sarjana MIPA UGM

Ada beberapa pilihan program studi pada fakultas ini diantaranya yang terbagi menjadi 4 departemen yaitu:

  1. Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika yang terdiri atas program studi Elektronika dan Instrumentasi dan Ilmu Komputer. Adapun ruang lingkup dari program Elektronika dan Instrumentasi adalah berbagai macam sistem komputer mulai dari sisitem operasi, perangkat lunak serta jaringan. Kemudian yang berkaitan dengan akuisisi data dan sistem cerdas yang berkaitan dengan logaritma dan perangkat keras.

Untuk program studi Ilmu Komputer sendiri memiliki empat profil utama yaitu dapat menjadi peluang dalam bidang Network Service Supervisor, Software Engineering, Sistem Programmer dan Database Administrator.

  1. Departemen Fisika. Pada departemen ini juga memiliki 2 program studi yaitu Prodi Fisika dan Geofisika. Pada prodi Fisika terdapat 3 bidang kajian yaitu aspek konseptual, piranti untuk memperoleh segala informasi, kemudian mengukur sampai dengan menganalisa yang kemudian disesuaikan dengan beberapa teknik penelitian seperti observasi.

Serta beberapa cabang topik yang dipelajari dalam prodi ini seperti fisika statistik, mekanika kuantum dan klasik, elektrodinamika, kosmologi dan teori relativitas. Sedangkan pada geofisika lebih pada pengaplikasian sesungguhnya dengan alam atau lebih kompleks seperti fokus kajian matematika, sains dasar, kebumian, IPTEK Mutakhir, dan lain sebagainya.

  1. Departemen Kimia. Pada departemen ini hanya memiliki satu program studi yaitu prodi Kimia. Prodi inilah menjadi salah satu yang terdaftar dalam program seleksi IUP. Oleh karennya, perlu pengetahuan dan keterampilan bahasa yang mumpuni dan ikuti bimbel IUP MIPA UGM untuk lebih mahir.
  2. Departemen Matematika. Memiliki 2 program studi yaitu Prodi Matematika dan Prodi Statistika. Mendengar dua kata tersebut tentun oleh sebagian orang yang tidak sujka dengan hitungan akan sangat menguras banyak pikiran karena berhubungan dengan angka dan penerapannya. Oleh karena itu, ini juga sebagai salah satu program studi unggulan.
pxhere.com

Passing Grade Program Studi Fakultas MIPA UGM

Passing Grade dari setiap program studi MIPA ini memang memiliki passing grade yang tinggi dibanding kampus lain. Dengan melihat passing grade akan dapat digunakan sebagai tolak ukur dan mempertimbangkan para calon mahasiswa memilih program studi yang diinginkan.

Untuk program studi kimia sendiri memiliki passing grade sebesar 43.50%. Sedangkan untuk Matematika 43.44%, Statistika 43.04%, Ilmu komputer 55.80%, Elektronka dan Instrumentasi sebesar 48.44%. kemudian pada depertemen fisika untuk program studi fisika memiliki passing grade sebesar 39.20% dan untuk geofisika sebesar 40.19%.

Dengan melihat passing grade yang sedemikian tinggi maka akan menjadi tolak ukur untuk sejauh mana kesiapan calon mahasiswa untuk mengikuti seleksi masuk UGM. Untuk masuk pada salah satu fokus program studi tersebut tentu harus memiliki kesiapan baik dari sisi materi dan juga kemauan. Jalur yang ditempuh bisa melalui jalur reguler seperti dengan mengikuti seleksi SNMPTN, SBMPTN, UTUL dan juga seleksi Mandiri UGM.

Ada beberap program studi yang masuk dalam program unggulan internasional yang disebut dengan seleksi atau kelas IUP. Program ini memiliki bobot seleksi yang lebih berat jika dibandingkan dengan program reguler. Karenanya perlu pembelajaran khusus dengan melalui bimbel IUP MIPA UGM.

Fasilitas yang disediakan dalam fakultas ini sudah tidak diragukan. Semuanya dengan menggunakan teknologi tinggi. Oleh karenanya, tidak heran jika banyak alumni dari UGM yang menjadi terkenal dengan berbagai riset yang ditemukan. Selain itu, dosen-dosen yang bergabung ada dari manca negara termasuk guru besar dan juga profesor. Maka dari itu, Inilah salah satu alasan kenapa UGM menjadi universitas favorit.

Pada intinya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM ini merupakan fakultas pilihan yang terbaik dibanding kampus lain. Siapapun bisa masuk menjadi bagian mahasiswa UGM dengan cara belajar yang sesungguh-sungguhnya serta yakin dapat melewati tahapan dengan sukses.

Memiliki kebanggan tersendiri menjadi mahasiswa UGM dengan beragam program studi unggulan dan paling diminati. Selain itu juga salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang dimiliki Indonesia.

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.