Ngeri! Sengatan Belut Listrik Bisa Lumpuhkan Korbanya dengan Mudah  

Belut listrik, atau juga disebut sidat listrik (Electrophorus electricus) merupakan jenis ikan air tawar yang bisa menghasilkan listrik kapasitas hingga 650 volt. Listrik ini dipakai sebagai pertahanan sekaligus berburu.

Meski disebut belut, sebenarnya ia merupakan jenis ikan dari ordo gymnotiformes. Belut ini ditemukan di sungai Orinoko dan di sungai Amazon. Ukuran panjang rata rata belut listrik yakni 1 meter. Namun bisa juga mencapai panjang sampai 2,5 meter dan memiliki berat sampai sekitar 20 kg per ekornya.

Dengan energi listrik ratusan volt, ia dapat melumpuhkan predator maupun buruannya. Dengan listrik itu, belut ini bahkan bisa menemukan lalu memaksa mangsanya keluar dari sarangnya.

Laporan jurnal Science baru baru ini menyebutkan energi listrik yang mereka miliki secara efektif menjadi alat efektif untuk mengontrol mangsa.

Gelombang listrik yang dikeluarkan belut ini membuat mangsa bergetar dari tempat persembunyian di dalam air, sehingga belut listrik bisa mendeteksi korbanya untuk dimangsa. Listrik pada hewan satu ini juga bisa membuat saraf mangsanya lumpuh.

Kekuatan energi listrik pada belut ini setara dengan alat kejut yang biasa digunakan polisi, bisa membunuh seekor kuda dewasa dan cukup kuat melumpuhkan manusia.

Fakta Menarik Lain Belut Listrik

Belut listrik merupakan satu dari lima ratusan jenis ikan air tawar yang bisa menghasilkan energi listrik.

Belut ini ternyata lebih dekat dengan jenis ikan lele yang biasa dikonsumsi sehari hari. Belut listrik hidup di air berlumpur maupun di perairan dangkal. Mereka muncul ke permukaan air sekitar sepuluh menit sekali untuk bernafas  mengambil udara dari atmosfer.

Ukuran belut listrik

Belut listrik di alamnya bisa mencapai panjang 2,5 meter dan berat tubuhnya bisa mencapai 20 KG per ekornya. Bentuk tubuhnya silindris dan panjang. Belut listrik memiliki aneka warna unik, seperti putih, biru, ungu, hitam dan abu abu.

Mereka termasuk binatang yang hidup secara sendiri dan tidak berkelompok. Belut listrik merupakan hewan karnivora, atau pemakan daging/makhluk hidup seperti burung, ikan, amfibi hingga memangsa mamalia kecil.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.