Kumpulan Niat Sholat Sunnah Harian

Sebelum melakukan sholat wajib maupun sholat sunah, kita di wajibkan untuk membaca niat terlebih dahulu. niat dari masing-masing sholat berbeda-beda tergantung sholat yang akan kita kerjakan, karena dengan membaca niat maka hal itu manandakan bhwa kita akan melakukan sholat yang sesuai dengan niat yang telah kita ucapkan dan sesuai juga dengan ketentuan waktu sholat yang akan kita kerjakan.

Jika anda salah membaca niat maka sholat anda di anggap gagal atau tidak sah dan anda wajib untuk mengulanginya lagi dengan bacan niat yang benar. Untuk itu, demikian kita berikan beberapa contoh niat sholat sunah yang perlu kita ketahui.

Sholat sunah rawatib

Ada dua jenis sholat sunah rawatib yakni sholat sunah rawatib qabliyah yang di lakukan sebelum mengerjakan sholat wajib dan sholat sunah rawatib ba’diyah yang di lakukan ketika kita telah selesai melakukan sholat wajib.

Untuk bacaan niatnya adalah sebagai berikut saya contohkan untuk sholat sunah rawatib sebelum dhuhur dan anda bisa mengganti kata dzuhri dengan kata lain sesuai sholat yang akan anda kerjakan :

“Usholli sunatan dzuhri rak’ataini qibliyyatan lillahi ta’ala”

Artinya : saya berniat sholat sunah sebelum dhuhur 2 rakaat karena Allah ta’ala

Itu merupakan contoh niatan sholat sunah rawatib sebelum dhuhur, kita dapat mengganti kata-kata dzuhri dengan solat sunah yang akan kita kerjakan misalnya saja sholat sunah sebelum subuh, dhuhur, ashar, magrib maupun isya.

unsplash.com

Sholat Dhuha

Kemudian ada sholat sunah dhuha yang dikerjakan di antara waktu setelah mengerjakan sholat subuh hingga sebelum waktu sholat dhuhur tiba, namun lebih di anjurkan untuk melakukan sholat dhuha pada waktu antara jam 8 pagi hingga jam 11 siang karena waktu tersebut merupakan waktu yang di ijabah oleh Allah SWT dan waktu yang sangat di anjurkan untuk mengerjakan sholat dhuha. Untuk niat bacaan sholat dhuha adalah sebagai berikut :

“ Ushalli sunatal dhuha Rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya : saya berniat sholat sunah dhuha 2 rakaat karena Allah ta’ala

kalau misal kita akan mengerjakan sholat dhuha lebih dari dua rakaat maka setiap dua rakaat ucapkan salam. Dan setelah selesai melakukan sholat dhuha jangan lupa membaca doa setelah sholat dhuha.

Shalat Tahajud

Shalat tahajud merupakan shalat sunah yang di kerjakan pada sepertiga malam, dan sebelum melakukan sholat tahajud maka kita dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu dan kemudian bangun pada sepertiga malam dan kemudian mengerjakan sholat tahajud.

Waktu yang paling di anjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir atau diantara jam setengah 2 dini hari hingga jam 3 dini hari. Untuk bacaan niat sholat tahajud sendiri adalah sebagai berikut :

“ Ushalli Sunnatal tahajuddi rak’ataini lillahita’ala”

Artinya : saya berniat sholat sunah tahajud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Namun jika anda akan mengerjakan sholat sunah tahajud lebih dari dua rakaat maka anda cukup mengucapkan salam pada setiap rakaat kedua.

unsplash.com

Sholat Sunah Istikharah

Sholat sunah istikharah merupakan sholat sunah yang di kerjakan ketika kita sedang bingung dan bimbang memilih diantara dua atau beberapa pilihan dan kita ingin meminta petunjuk kepada Allah SWT untuk di tunjukkan pilihan yang benar dan yang terbaik untuk kita. Untuk bacaan niat sholat istikharah sendiri adalah sebagai berikut :

“Ushalli sunnatal istikharah rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya : saya berniat melakukan sholat istikharah dua rakaat karena Allah ta’ala

Sholat istikharah di anjurkan untuk di kerjakan dua rakaat pada waktu sepertiga malam terakhir sama seperti sholat tahajud. Karena pada saat tersebut merupakan waktu yang diijabah oleh Allah SWT sehingga berdoalah dengan bersungguh-sungguh dan meminta petunjuk Allah SWT agar diberikan pilihan yang terbaik untuk kita.

Sholat Hajat

Sholat hajat dilaksanakan ketika kita ingin memiliki hajat atau menginginkan sesuatu sehingga kita melakukan sholat hajat agar keinginan kita di kabulkan oleh Allah SWT. Untuk niat sholat hajat sendiri adalah sebagai berikut :

“ushalli sunnatal haajati rak’ataini lillahi taa’alaa”

Artinya : saya berniat sholat hajat dua rakaat karena Allah ta’ala

Untuk melakukan sholat hajat ini dapat di lakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat, jika lebih dari dua rakaat maka setiap dua rakaat salam kemudian bangkit lagi dan memulai sholat dan membaca niat lagi. Untuk waktu pengerjaannya pun bisa kapanpun tidak ada waktu khusus yang spesifik yang penting tidak mengganggu waktu sholat wajib.

unsplash.com

Sholat Taubat

Sholat taubat ialah sholat yang di kerjakan ketika anda ingin bertaubat kepada Allah dengan sungguh-sungguh karena anda merasa hidupnya telah jauh dari Allah dan melakukan banyak larangannya sehingga anda perlu bertaubat kepada Allah agar Allah kembali meridhoi. Untuk bacaan niat sholat taubat adalah sebagai berikut :

“ushalli sunnatal taubati rak’ataini lillahi ta’alla”

Artinya : saya niat shalat taubat dua rakaat karena Allah ta’ala

Perlu di ingat bahwa setelah anda melakukan sholat taubat maka anda harus benar-benar bertaubat dan melakukan semua perintah agama serta tidak mengulangi lagi perbuatan-perbuatan yang dilarang agama seperti saat sebelum taubat.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.