Penasaran dengan Proses Kucing Kawin? Yuk, Cari Tahu!

Tidak jauh beda dengan hewan pada umumnya. Mamalia ini berkembangbiak dengan melahirkan. Di mana sel induk dibuahi oleh sel jantan, alias terjadi perkawinan antara kucing betina dan kucing jantan. Nah, bagaimana sih proses kucing kawin itu? Antara kucing betina dan jantan terdapat perbedaan. Kucing betina memiliki fase birahi, di mana hanya pada fase ini kucing betina siap untuk dikawinkan. Sedangkan kucing jantan siap sewaktu-waktu, karena kucing jantan tidak mengalami masa kehamilan dan menyusui. Sebelum memasuki proses perkawinan, sekitar 2 minggu kucing mengalami fase birahi yang terbagi dalam beberapa masa yaitu masa poestrus, masa estrus, masa interestrus dan masa diestrus.

Masa poestrus, yaitu masa di mana kucing memasuki awal fase birahi. Sekitar 12 jam hingga 2 hari sejak musim kawin tiba. Pada masa ini birahi kucing meningkat, tetapi keadaan kucing masih belum siap kawin. Masa poestrus, umumnya masa ini terjadi pada hari ke tujuh di mana kucing betina telah siap untuk kawin. Selanjutnya masa interestrus dan diestrus yaitu masa perkawinan telah terjadi. Seperti apa keadaan kucing kawin? Ketika kucing berada pada fase siap kawin. Kucing akan terangsang dengan sendirinya ketika melihat lawan jenis. Nah, jika Anda sedang melakukan pengembangbiakan kucing. Langkah pertama adalah pertemukan kucing jantan dan betina yang telah berusia siap kawin pada tempat atau kandang yang sama.

Pada umumnya, kucing jantan akan langsung menunjukkan kejantanannya. Kemudian kucing betina akan mengeong karena tertarik dengan si jantan dan mau kawin dengannya. Setelah itu, biarkan saja mereka. Pastikan kondisi sekitar tenang, supaya tidak mengganggu proses perkawinan. Masa kawin dimulai ketika kucing jantan mulai mencium kemaluan kucing betina, menaiki badan betina dan mengigit tengkuknya. Biarkan kedua kucing itu selama 4-10 hari. Apabila proses kucing kawin berjalan dengan lancar, mereka akan kawin 1 sampai 3 kali dalam sehari. Setelah 10 hari, biasanya perkawinan sudah berhasil. Kucing betina akan lebih galak ke kucing lain karena sudah tidak birahi lagi.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.