Hal-Hal Penting yang Perlu Direncakan untuk Persiapan Pernikahan

Pernikahan merupakan hari yang sangat penting bagi pasangan yang akan menjalankannya. Tidak hanya bagi kedua pasangan, namun juga penting bagi masing-masing keluarga. Dua pihak keluarga yang tadinya asing akan menjadi keluarga yang sah setelah hari pernikahan.

Maka, akan banyak sekali persiapan pernikahan yang harus direncakan. Seperti penentuan tanggal dan waktu yang tepat. Selain itu, perlu juga untuk mempersiapkan tempat seperti gedung pernikahan beserta dekorasi yang disesuiakan dengan tema yang dinginkan. Lalu, perlu juga mempersiapkan hidangan dan souvenir untuk tamu undangan, pakaian pengantin dan lain sebagainya.

Sebelum Anda memulai mempersiapkan hal-hal tersebut, pastikan Anda menyimak tips-tips berikut ketika sedang merancang persiapan pernikahan:

Tips-Tips Merancang Persiapan Pernikahan

Setiap pasangan pasti menginginkan pernikahan yang berkesan dan dapat berjalan lancar hingga akhir. Berikut adalah tips-tips penting yang perlu Anda ingat dalam merancang persiapan pernikahan.

  1. Persiapkan dari jauh hari

Usahakan Anda mempersiapkan rencana pernikahan jauh hari sebelum acara berlangsung. Banyak hal yang perlu dipersiapkan sehingga perencanaan yang lebih awal akan membantu kelancaran hari pernikahan nanti.

  1. Diskusikan dengan matang

Untuk mempersiapkan acara pernikahan, dibutuhkan persetujuan antara dua belah pihak keluarga. Setelah itu, kedua mempelai juga harus mendiskusikan hal pendukung lainnya. Pastikan Anda dan pasangan Anda dapat mendiskusikan dengan matang hal-hal apa saja yang diperlukan sehingga persiapan pun dapat segera dijalankan.

  1. Fokuskan pada hal-hal penting

Karena ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, maka Anda dapat memulai dengan mempersiapkan hal penting terlebih dahulu, seperti dokumen atau berkas-berkas pernikahan yang perlu dipenuhi, tanggal dan tempat pernikahan berlangsung.

  1. Luangkan waktu Anda untuk persiapan

Terkadang kesibukan pekerjaan sudah banyak menyita waktu Anda, maka pastikan Anda dapat meluangkan waktu-waktu tertentu seperti waktu di akhir pekan untuk mematangkan rencana pernikahan Anda. Jika Anda tidak bisa meluangkan waktu maka hal ini kemungkinan dapat memengaruhi acara pernikahannya nantinya karena kurangnya persiapan.

  1. Menggunakan jasa Wedding Organizer

Jika meluangkan waktu terasa sulit bagi Anda, maka Anda dapat mencoba untuk menggunakan jasa Event Organizer yang akan sangat membantu Anda dalam menata segala rencana pernikahan Anda, seperti tempat dan dekorasi, catering, souvenir dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa tips singkat dan penting yang perlu Anda perhatikan ketika sedang merencanakan persiapan pernikahan. Lalu, hal-hal apa saja yang perlu Anda siapkan? Mari simak artikel di bawah ini.

Hal-Hal Yang Harus Ada dalam Merencankan Persiapan Pernikahan

Terdapat banyak sekali hal yang perlu Anda persiapkan menjelang hari pernikahan. Berikut hal-hal penting yang wajib Anda ketahui ditengah persiapan pernikahan.

  1. Tanggal Pernikahan

Biasanya tanggal pernikahan membutuhkan persetujuan kedua belah pihak keluarga. Persetujuan tanggal pernikahan juga sangat beragam, ada yang sesuai dengan adat istiadat atau hanya sekedar menyocokkan dengan jadwal kesibukan masing-masing calon. Lalu apa yang akan menentukan tanggal pernikahan Anda?

  1. Budget

Budget juga merupakan hal penting yang harus didiskusikan terlebih dahulu karena budget lah yang menentukan seberapa besar dan megah pernikahan Anda nanti. Jika Anda hanya menginginkan pernikahan yang sederhana yang hanya kelurga dan kerabat dekat saja, maka kemungkinan budgetnya tidak akan sebesar pernikahan yang megah  dan mewah.

  1. Tempat dan Dekorasi

Setelah mengetahui budget, maka Anda dapat memulai untuk menyusun tempat dan dekorasi sekaligus catering dan souvenir pernikahan. Selain itu, Anda juga dapat menyusun tema dari pernikahan Anda, seperti ingin tema indoor atau garden party dan lain sebagianya.

  1. Tamu Undangan

Ketika Anda menentukan lokasi acara pernikahan, Anda juga harus sudah menentukan tamu undangan nantinya. Ada berapa perkiraan jumlah tamu undangan nantinya sehingga Anda perlu mensortir siapa saja yang akan Anda undang agar dapat menentukan lokasi yang sesuai dengan jumlah undangan.

  1. Baju Pernikahan dan Make up

Setelah itu, Anda juga masih harus memikirkan tentang busana pernikahan Anda nanti. Ada berapa jenis pakaian yang akan Anda kenakan? Dan pakaian yang seperti apa? Tentukan tema pakaian yang ingin Anda kenakan dan konsultasikan kepada desainer Anda. Jangan lupa juga untuk riasan dan perlengkapan lainnya.

  1. Catat dan Periksa Ulang

Setelah Anda mempersiapkan semuanya, pastikan Anda mencatat atau mengingat hal-hal penting yang perlu Anda lakukan, seperti pelunasan biaya harga sewa tenda pernikahan, biaya catering, pakaian dan beragam jenis biaya lainnya. Dengan kata lain, pastikan kembali seluruh persiapan sudah lengkap.

Itulah tadi tips-tips serta hal-hal penting yang perlu dipersiapkan menjelang hari pernikahan. Pernikahan yang sukses dan lancar tidak perlu mahal dan mewah, namun Anda dapat membuatnya sederhana tapi juga berkesan sehingga calon pengantin akan merasa bahagia dan begitu pula terhadap para tamu undangan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan persiapan pernikahan, Anda dapat meminta bantuan keluarga terdekat, teman atau kerabat. Selain itu, tidak lupa juga dengan adanya para penyewa jasa perancang pernikahan yang dapat Anda sewa untuk membantu merancang hari pernikahan sesuai keinginan Anda.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.