Passing Grade Terbaik dan Tips Agar Lolos Daftar Prodi Saintek di Unpad

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan cita-cita dengan kuliah di Unpad? Kami yakin sebagian besar siswa SMA di Indonesia ingin lolos tes penerimaan mahasiswa baru di Universitas Padjajaran ini. Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Unpad memiliki berbagai macam prodi terbaik, salah satunya saintek. Tidak heran tahun 2020 ini sudah banyak siswa SMA yang kepincut daftar prodi saintek di Unpad.

Kualitas Unpad tidak bisa diragukan lagi. Pada tahun 2019, universitas yang terletak di Sumedang, Kota Bandung, dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik nomor keempat di Indonesia.  Hampi semua jurusan di kampur ini terakreditasi A. Beberapa orang yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia pernah mengenyam pendidikan di Unpad, seperti Megawati Soekarnoputri, Hotman Paris Hutapea, Soleh Solihun, dan masih banyak lagi.

Jurusan Unpad dengan Passing Grade Terbaik

Ada banyak jurusan Unpad paling diinginkan pada tingkatan S1 yang bisa Anda pilih pada tahun 2020. Umumnya, kategori jurusan di Unpad paling favorit tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Perkiraan jurusan Unpad paling favorit berdasarkan hitungan peluang pendaftar lolos saat mengerjakan tes ujian masuk. Kemudian, keseluruhan jumlah pendaftar daripada jumlah kuota bangku bagi mahasiswa baru yang bisa disebut sebagai passing grade.

pixabay.com

Berikut sudah kami tuliskan jurusan Unpad paling favorit untuk prodi saintek.

  • Kedokteran Hewan memiliki passing grade 45.8% mengingat bidang kerja sebagai dokter hewan cukup diminati dan dibutuhkan.
  • Pendidikan Dokter, bukan hal aneh kalau kuliah di jurusan ini menjadi impian sebagian besar anak-anak Indonesia. Kebutuhan tenaga medis, seperti dokter di Indonesia terus dibutuhkan mengingat pertumbuhan penduduk per tahun terus meningkat. Passing grade jurusan pendidikan dokter di Unpad sebesar 54.5%.
  • Ilmu Aktuaria merupakan jurusan baru di Unpad yang baru dibuka pada tahun 2018 kemarin. Bagi Anda yang masih asing mendengar jurusan ini, ilmu aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari pengelolaan risiko keuangan di masa mendatang. Ilmu ini kombinasi dari ilmu tentang peluang, statistika, matematika, program komputer, dan keuangan. Meski baru dibuka dua tahun yang lalu, ternyata peminat jurusan ini cukup banyak dengan passing grade 40.5%.
  • Teknik Elektro merupakan jurusan yang mempelajari ilmu kelistrikan dengan passing grade cukup tinggi, yaitu 41.3%. Bagi Anda yang lulus dari jurusan ini tidak perlu bingung karena akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan karena ilmu kelistrikan dibutuhkan di semua gedung.
  • Psikologi menjadi jurusan yang paling diminati banyak siswa pada tahun 2019 ini. Setelah Anda lulus dari ini akan menjadi psikolog setelah menjalani jenjang S2 profesi. Jurusan psikologi cukup terkenal di Unpad dengan persainan sangat ketat. Tidak heran kalau passing grade 40.8%.
pexels.com

Kiat Sukses Lolos Masuk Prodi Saintek di Unpad

Daftar prodi saintek di Unpad kebanyakan melalui jalur SNMPTN yang mengandalkan nilai rapor dari semester 5 selama di SMA. Semisal grafik nilai rapor Anda selalu meningkat kala SMA maka kesempatan lolos tes semakin besar. Meski nilai Anda tidak cukup tinggi tetapi memiliki grafik yang selalu naik, peluangnya tetap besar, lo!

Karena itu, kami sarankan agar Anda yang masih menempuh pendidikan SMA kelas 1 atau 2, mulailah membuat grafik nilai secara manual dari rapot. Soalnya, di semester 1 saja Anda sudah mendapatkan nilai tinggi tetapi di semester 5 malah turun, tetap saja peluang lolos SNMPTN kecil.

Selain itu, Anda juga harus memilih jurusan yang tidak diinginkan oleh kawan lainnya. Sekalipun Anda sudah belajar tes SNMPTN melalui edutore.com, cobalah untuk mencari tahu apakah jurusan yang dipilih juga diinginkan teman lainnya. Semisal Anda memilih jurusan yang sama dengan teman, maka akan terjadi persaingan untuk mendapat tempat di Unpad. Apalagi setiap sekolahan memiliki jatah, termasuk jurusan, sehingga akan memengaruhi peluang lolos.

Oleh karena itu, cobalah bertanya ke teman Anda yang ingin kuliah di Unpad, apakah dia memiliki jurusan sama atau tidak. Semisal sama, kami sarankan memilih prodi saintek lain yang masih Anda kuasai.

Kemudian, pilihlah jurusan yang ada portofolionya. Apabila Anda mempunyai prestasi non-akademik  bisa digunakan sebagai unggulan karena tidak semua oran mempunyai keahlian tersebut. Silakan upload sertifikat ke website SNMPTN Unpad saat mendaftar.

Semisal semasa SMA Anda sudah sering ikut lomba, entah lomba seni, penulisan, olahraga, dan sebagainya, gunakan sertifikat tersebut untuk mendaftarkan diri. Melalui portofolio juara dan jurusan yang Anda inginkan dalam satu jalur peluang diterima terbuka besar. Apalagi sertifikat yang Anda dapatkan semasa SMA tingkatnya nasional.

pexels.com

Berikutnya, faktor indeks sekolah sebagai nilai sekolah di beberapa perguruan tinggi negeri. Indeks di setiap SMA di mata perguruan tinggi negeri Unpad berbeda-beda, lo! Hal ini jarang diketahui oleh banyak kalangan, yang sebenarnya bisa menentukan peluang diterima di Unpad.

Oh iya, peluang diterima di prodi saintek Unpad bisa ditentukan dari pemilihan jurusan dengan passing grade rendah. Passing grade merupakan rata-rata standar yang dimiliki masing-masing jurusan maupun prodi di Unpad maupun universitas lainnya. Semisal, jurusan kedokteran di Unpad memiliki passing grade tinggi, artinya banyak orang yang memilih jurusan ini. Dengan begitu peluang masuk mengecil karena akan banyak orang memiliki nilai lebih besar dibanding nilai Anda.

Begitupun dengan passing grade prodi soshum, tidak semuanya memiliki saingan ketat. Paling tidak Anda harus berlatih mengerjakan soal SBMPTN soshum maupun soal SBMPTN saintek Unpad.

Itu saja penjelasan kami. Semoga setelah membaca keseluruhan artikel ini Anda semakin mudah daftar prodi saintek di Unpad. Terima kasih.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.