Profil PNS Badan Kepegawaian Negara

Sebagai salah satu unsur penyelenggara negara, PNS (Pegawai Negeri Sipil) memang sangat penting sehingga informasi mengenai profil PNS Badan Kepegawaian Negara (BKN) begitu dibutuhkan. Untuk bisa mengetahui informasi ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut pembahasannya!

 

Lewat Website Resmi BKN

Anda bisa mengakses website resmi BKN. Dalam proses pengecekan online itu, Anda bisa mengetahui profil, pangkat hingga data seorang PNS berdasarkan NIP (Nomor Induk Pegawai). Ya betul sekali, Anda dapat dengan mudah menemukan profil PNS Anda lewat situs resmi BKN. Cara mengecek profil PNS lewat website BKN memang mudah, namun bagi Anda yang belum tahu, coba cek panduannya di bawah ini!

  • Langkah pertama tentu buka oleh Anda browser dan masuk ke link ini https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/.
  • Nah setelah berada didalam situs, masukan NIP Anda. Jangan gunakan spasi, lalu pilih ‘Next’.
  • Jika ada permintaan untuk memasukan kode captcha, maka Anda tinggal memasukan kode captcha yang tertera, sehingga Anda tidak dianggap spam atau robot.
  • Nah setelah itu akan muncul profil PNS Anda.

 

Perlu Anda ketahui bahwa website BKN terkadang mengalami error atau offline. Jadi jika Anda tidak bisa mengakses situs BKN hari ini, maka Anda bisa mencobanya lagi di keesokan hari.

Lewat Aplikasi My SAPK BKN

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi My SAPK BKN baik di Play Store atau AppStore. Setelah berhasil diunduh, Anda bisa langsung memasangnya pada smartphone dan memasuki aplikasi tersebut. Supaya bisa mengecek profil PNS Badan Kepegawaian Negara, Anda harus melakukan login dan mengisi username dengan NIP serta password dengan NIK (Nomor Induk Keluarga).

 

Jika berhasil masuk, tinggal klik ikon Profil PNS dan kemudian akan muncul berbagai tampilan seperti Data Utama, Golongan, Jabatan, Posisi, Pendidikan, Pribadi hingga Keluarga. Jika dirasa malas mengunduh dan memasang aplikasi, Anda pun bisa mengecek profil PNS Badan Kepegawaian Negara melalui situs resmi BKN yang tata cara loginnya juga sama yakni menyertakan NIP.

 

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.