Pentingnya Proteksi dan kuota impor

Jika kita lihat arti sesungguhnya secara sederhana dari ekspor yang merupakan penjualan barang maupun produk ke luar negeri karena selain permintaan yang besar dari negara tujuan juga karena adanya persediaan berlimpah di dalam negeri, maka begitu pula sebaliknya dengan impor di mana aktivitas pembelian barang dari luar negeri ini dilakukan karena tingginya permintaan di dalam negeri yang berbanding terbalik dengan persediaan yang ada di dalam negeri sehingga memungkinkan untuk mendatangkan barang maupun produk tersebut dari luar negeri baik sebagai pengisi kebutuhan tersebut maupun sebagai tambahan atas kurangnya persediaan yang ada.

Pentingnya Melakukan Impor Barang

Dari penjelasan ini maka pengertian impor sendiri bisa diartikan sebagai pembelian yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri baik karena tidak adanya stok sama sekali maupun untuk menutupi kekurangan persediaan yang dimiliki oleh negara kita, ini artinya tidak serta merta negara atau suatu pihak bisa melakukan impor menggunakan Jasa ekspedisi Cargo yang tersedia dengan bebas mengingat adanya pasokan barang kebutuhan tersebut di dalam negeri.

pexels.com

Ada aturan yang mengikat dengan tujuan yang baik dan tentu saja demi pemenuhan kebutuhan di dalam negeri, dengan kata lain bahwa impor juga tidak bisa selamanya dilakukan dalam jumlah yang masiv karena ini bisa memberikan efek tidak baik bagi semua, maka dari itu negara melalui badan pajak dan bea cukai memberlakukan peraturan terkait aktivitas impor ini, seperti Proteksi dan kuota impor. Kedua istilah tersebut sangat penting untuk dipahami terutama bagi anda yang sedang mulai tertarik akan bisnis impor barang dari luar negeri untuk dijual kembali di sini, nah mari kita mulai penjelasannya.

Penjelasan Mengenai Proteksi Impor

Pertama kita mulai dari proteksi, secara harfiah ini merupakan suatu perlindungan atau sebuah upaya untuk melindungi sesuatu dari hal yang tidak diinginkan. Dengan mengacu pada pengertian tersebut dan menghubungkannya dengan ketersediaan barang di dalam negeri seperti yang sudah disebutkan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa proteksi yang dilakukan negara dalam hal ini pada aktivitas impor merupakan salah satu upaya untuk menjaga ketersediaan barang di dalam negeri agar selalu berada dalam jumlah yang sesuai kebutuhannya, karena jika jumlahnya berlebih maka bisa memunculkan ketimpangan antara produk local dan impor. Selain itu juga tujuan adanya proteksi ini demi menghindari masuknya barang impor yang benar – benar tidak dibutuhkan oleh masyarakat termasuk barang yang tidak sesuai standarisasi dari negara itu sendiri.

pexels.com

2 Jenis Proteksi Impor

Lebih lanjut lagi, proteksi ini juga terbagi menjadi 2 jenis, yakni dengan memberlakukan system tarif dan non tarif.

  1. Protekis Tarif

Sesuai dengan Namanya, proteksi dengan tarif berarti akan ada penambahan tarif pada tiap barang yang didatangkan dari luar negeri, adanya pajak impor ini akan membuat barang dari luar negeri menjadi lebih mahal dibandingkan dengan produk local yang ada, hal ini dilakukan agar produk dalam negeri tetap bisa bersaing dengan barang impor.

  1. Proteksi Non-Tarif

Sedangkan untuk proteksi non tarif artinya tidak aka nada pajak impor terhadap suatu barang yang didatangkan dari luar negeri, akan tetapi proteksi dilakukan dengan memberlakukan standarisasi terhadap barang impor tersebut sehingga barang – barang yang tidak sesuai SNI tidak bisa masuk ke Indonesia.

Kuota Impor Dan Penjelasannya

Namun selain cara di atas, masih ada cara lainnya yang dilakukan negara dalam upaya proteksi terhadap impor barang yakni dengan diberlakukannya kuota impor. Kuota impor ini akan menentukan besarnya jumlah barang yang bisa didatangkan dari luar negeri, tujuannya tentu lah sama yaitu demi mengurangi jumlah impor dalam jumlah besar dari suatu negara.

Sebagai contohnya seperti kuota impor beras dan daging sapi yang selama ini diberlakukan oleh pemerintah Indonesia pada perusahaan pengimpor, tujuannya adalah supaya jumlah impor yang dilakukan tetap berada pada jumlah yang telah ditentukan, selain itu juga agar petani local tetap bisa menjual produknya tanpa takut bersaing dengan barang impor.

pexels.com

Jasa Ekspedisi Terpercaya Untuk Impor

Tentu saja semua proses impor tersebut harus sesuai dengan standar yang berlaku, misalnya saja seperti menggunakan jasa layanan logistic terbaik karena hanya dengan inilah impor bisa dilakukan tanpa perlu khawatir akan proses perjalanan yang dilakukan mengingat impor barang melibatkan dua negara yang saling berjauhan, PT Surya Jaya Grahanesa menjadi salah satu perusahaan layanan pengiriman logistic yang bisa dipercaya untuk menangani soal transportasi dan juga pengiriman cargo impor barang ini.

Jasa Ekspedisi dan juga transportasi pengiriman barang ini telah lama menjadi salah satu jasa pengiriman dan transportasi yang terpercaya. Jika anda mencari sebuah jasa pengiriman yang benar benar aman dan juga memiliki reputasi yang baik maka Surya Jaya Grahanesia atau SJG Logistic bisa menjadi pilihan terbaik anda. Itulah mengapa kami sangat merekomendasikan penggunaan jasa ekspedisi cargo yang satu ini. Reputasi yang baik, ditambah pelayanan dan juga pengiriman yang aman serta professional, sangat cocok dan menjamin keamanan dari barang impor yang akan anda terima.

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.