Tips Agar Suara Lovebird Ngekek Panjang

Semua pemilik burung lovebird pastinya  mengharapkan burung lovebird peliharannya mempunyai kicauan yang merdu, kicauan yang tajam, dan memiliki intonasi nada. Namun rasanya tak lengkap apabila lovebird tersebut tidak memiliki kicauan ngekek yang panjang.

Karena ketika mengikuti lomba, penilaian yah paling utama adalah keaktifan lovebird berkiacau dan durasi ngekek yang panjang. Untuk volume hampir dikatakan semuanya hampir imbang.

Tips agar suara Lovebird ngekek panjang

Agar suara lovebird ngekek panjang memmang tidak gampang, diperlukan kesabaran dan telatenan yang tinggi. Berikut ini adalah tips cara ternak lovebird agar suara lovebird ngekek panjang:

Faktor Perawatan

Tips yang pertama agar burung lovebird aktif dan ngeke panjang adalah dari pola perawatannya harus konsisten dan selalu diperhatikan. Lakukan pula pemasteran dengan suara burung yang berkualitas agar burung yang dimasteri dapat meniru suara masteran dari rekaman tersebut. Waktu pemasteranya pun harus lebih ditingkatkan lagi. Selain itu pemasteran dengan cara memperdengarkan suara kicauan burung yang asli yang telah memilki kualitas ngekek yang panjang dan baik.

Bisa juga memperdengarkan suara mp3 yang telah di download dengan kualitas gacor sesuai keinginan kita.

pxhere.com

Makanan burung Lovebird

Dari segi makanan pun harus diperhatikan. Agar burung lovebird yang kita pelihara selalu sehat. Maka dari itu berikan pakan yang terbaik dan jangan lupa tambahkan makanan tambahan yang bervariasi juga.

Lovebird adalah jenis pemakan biji-bijian, biji-bijian yang seperti milet putih sangat baik untuk burug lovebird. Akan tetapi banyak yang beranggapan milet akan membuat burung lovebird menjadi gemuk. Akan tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk lovebird yang kurang aktif bergerak saja. Maka dari itu berikan terapi umbaran setiap 2kali dalam seminggu kepada burung lovebird.

Selain itu ada pakan khusus yang diberikan pada H-1 sebelum lomba agar birahi burung lovebird naik.

Stabilkan Birahi

Untuk kestabilan birahi burung lovebird maka harus diimbangi dengan pola mandi yang tepat pula. Karena lovebird adalah burung yang menikmati suasana ketika mandi. Cara memandikan burung lovebird adalah dengan di semprot secara langsung, mandi keramba yaitu dipegang dan dibasuh menggunakan tangan. Memandikannya bisa 2 x sehari ketika pagi dan sore hari. Akan tetapi apabila burung lovebird rentang mengalami OB, maka sebaiknya memandikannya di malam hari.

Agar lebih maksimal berikan multivitamin, racikan atau doping. Tidak hanya itu rajin di trek/seing dilombakan kan membuat burung lovebird memiliki durasi ngekek yang panjang seiring jam terbang burung tersebut di lapangan

Penjemuran

Setelah mandi burung lovebird dijemur pada pukul 10.00. pastikan ketika dijemur burung lovebird terhindar dari ular, tikus, semut, kucing dan lain sebagainya. Setelah dijemur segara angkat, lalu biarkan lovebird menganin-anginkan diri selama 5 menit, sambil beradaptasi.

Pemindahan burung lovebird dari suhu panas ke suhu normal pastinya akan kurang baik bagi kesehatan lovebird. Maka dari itu biarkan beradptasi telebih dahulu.

pxhere.com

Mandi Semprot Tahap 2

Untuk tahapan mandi semprot yang kedua, burung lovebird di semprot hingga basah kuyup. Kemudian dijemur sampai ukul 12.00. namun lokasi penjemuran harus di tempat yang tidak langsung terkena cahaya matahari. Akan tetapi burung lovebird tetap harus merasa hangat dengan udara di siang hari tersebut. akan tetapi harus diingat jangan sampai agar burung lovebird tidak mati. Cara ini berguna untuk mengontrol birahi dari burung lovebird tersebut.

Setelah dijemur, gantungkan burung lovebird di tempat biasa dan angin-anginkan burung lovebird. Lalu biarkan burung lovebird beristirahat, atau tempelkan burung yang biasa digunakan untuk memaster burung lovebird. Jadi sambil istirahat sambil latihan juga agar performanya lebih baik.

Kebersihan Kandang

Jangan lupa dengan kebersihan kandang dan aksesoris yang ada di dalamnya. Seperti tangkringan, wadah minum, wadah makan, kotoran di dalam sangkar, dan lain sebagainya. Dengan sangkar yang bersih akan membuat burung lovebirdnya nyaman dan tidak stres. Selain itu burung lovebird akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang.

Jika sangkar kayunya sudah jamuran dan tampak kusam karena terkena air hujam. Maka mengkilapkanlah dengan cara yang sederhana. Hal ini juga merupakan sebah terapi yang dapat merubah performa burung lovebird dalam jangka waktu 3-6 hari.

Melakukan Proses Pengembunan

Banyak pemilik burung lovebird yang melakukan proses pengembunan agar suara burung lovebird ngekek panjang. Proses pengembunan dilakukan setelah subuh sampai matahari terbit.

unsplash.com

Latihan Ketahan Mental

Cara melatih ketahan mental burung lovebird adalah dengan cara membiasakan membawa burung lovebird ketempat lomba. Tujuannya agar burung lovebird merasa ada saingan dan terbiasa dengan lingkungan tersebut. selain itu agar burung lovebird berani ngekek dengan sempurna

Nah demikian tips agar membuat suara lovebird ngekek panjang. Tips tersebut cukup mudah. Akan tetapi tips-tips diatas harus dilakukan dengan konsisten dan sepenuh hati. Jangan hanya ketika burung lovebird akan mengikuti perlombaan saja baru burung tersebut mendaptkan perawatan yang telaten. Selamat mencoba dan semoga tips di atas berhasil ya.

 

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.