Tahukah Anda Tentang Berapa Gaji Presiden Indonesia Saat Ini?

Tentu sebagian orang belum mengetahui terkait Berapa Gaji Presiden Indonesia saat ini. Apakah anda termasuk orang yang belum paham tentang hal tersebut? Berikut penjelasan tentang Berapa gaji Presiden di Republik ini. Dengan beban yang begitu besar dan tanggung jawab yang begitu luas, pasti gaji Presiden Jokowi. Di Indonesia sendiri besaran gaji seorang kepala negara telah diatur pada undang-undang nomor 7 tahun 1978 yang mengatur tentang hak keuangan administrasi presiden dan wakil presiden.

Dalam peraturan tersebut menyebutkan jika besaran gaji pokok yang diterima oleh Presiden merupakan 6 kali gaji pokok dari seorang pejabat umum. Besaran gaji seorang kepala negara dan wakilnya termuat dengan jelas pada peraturan nomor 75 tahun 2000. Peraturan tersebut sangat jelas berapa gaji yang diterima oleh presiden dan jajaran di pemerintahannya. Besaran nominalnya adalah kurang lebih Rp. 31.000.000 + 32.500.000= Rp. 62.500.000/ bulan.

Jika diakumulasikan perkiraan gaji presiden mencapai sekitar 750 juta pertahun. Selain itu masih belum terkait dengan tunjangan lain yang bisa didapatkan kepada kepala negara yang bertugas. Masih berdasarkan pada undang-undang nomor 7 tahun 1978, presiden juga berhak mendapatkan fasilitas di luar gaji pokok tunjangan. Adapun fasilitas yang bisa dinikmati oleh Kepala negara antara lain, seluruh biaya perawatan kesehatan dan keluarga presdien ditanggung oleh Negara.

Selain itu seluruh biaya rumah tangga presiden, tempat kediaman presiden, dan terdapat fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh presiden. Selanjutnya Adapun seluruh biaya administrasi yang kaitannya berhubungan dengan pelaksanaan tugas maupun kewajiban seorang kepala negara. Seperti segala biaya perjalanan ketika melakukan kunjungan di luar, segala biaya rapat atau konversi, dan uang representasi.

Itulah beberapa rincian terkait denganfasilitas dan jumlah nominal Gaji Presiden Indonesia. Apakah anda tertarik untuk mendapatkan gaji sebesar itu? Jika anda tertarik tentu anda harus menjadi presiden terlebih dahulu. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda terkait dengan informasi besarnya gaji seorang kepala negara Republik Indonesia.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.