Yuk Mengenal Tanda Baca Dalam Alquran

Untuk anda yang sebelumnya pernah mempelajari alquran di berbagai tempat seperti di pesantren tahfidz quran putri, yakni Ummu Habibah, pastinya anda juga mempelajari berbagai tanda baca dalam alquran. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa tanda baca yang perlu untuk anda pahami ketika akan membaca alquran. Untuk itu, lebih jelasnya anda bisa menyimak ulasannya berikut ini

Berikut Adalah Macam Macam Tanda Baca Di Dalam Alquran Yang Perlu Untuk Anda Tahu

  1. Waqaf

Tanda baca satu ini merupakan sebuah tanda yang memiliki arti yakni menahan atau berhenti. Untuk itu, di dalam istilah tajwid maka dapat dikatakan jika tanda ini adalah tanda bagi anda untuk menghentikan bacaan sejenak yang dilakukan dengan memutuskan suara pada akhir perkataan untuk bernafas. Kemudian dilanjutkan kembali dengan niat untuk menyambungkan bacaan yang sebelumnya.

Untuk tanda baca dalam alquran, waqaf ini dibagi menjadi 4 jenis. Yang pertama adalah Qabiih atau waqaf buruk, dimana tanda ini akan mewaqafkan ataupun memberhentikan bacaan di tengah tengah ayat atau secara tidak sempurna. Untuk waqaf ini pun sebaiknya anda hindari karena nantinya akan berkaitan dengan bacaan yang dibunyikan dan juga dengan makna dari bacaan tersebut.

Sedangkan jenis waqaf yang kedua adalah berjenis hasan atau juga disebut dengan waqaf baik. Dimana memiliki arti yakni memberhentikan ayat atau bacaan tersebut tanpa memmperngaruhi arti ataupun makan. Akan tetapi, bacaan tersebut masih berkaitan dengan bacaan sesudahnya. Untuk jenis yang ketiga adalah kaaf, dimana memiliki arti yakni memberhentikan suatu bacaan secara sempurna atau tidak memutuskan bacaan di tengah tengah ayat ataupun bacaan.

Akan tetapi ayat tersebut masih memiliki arti dan berkaitan makna dengan ayat selanjutnya. Kemudian untuk tanda baca dalam alquran waqaf untuk jenis yang keempat adalah taamm atau yang disebut pula dengan waqaf sempurna. Dimana memiliki arti yakni menghentikan suatu bacaan yang dibaca secara sempurna. Dan tidak memutus ayat di tengah bacaan serta tidak berpengaruh terhadap makna karena tidak berkatan dengan ayat sebelum dan sesudahnya.

unsplash.com
  1. Tanwin

Untuk tanda selanjutnya yang perlu untuk anda ketahui adalah tanwin. Tanda satu ini merupakan tanda baca atau diakritik, dimana harakat di dalam tulisan Arab tersebut digunakan untuk menyatakan bahwa huruf di akhir kata pada umumnya diucapkan seperti bertemu dengan huruf nun mati.

  1. Wasal

Tanda baca yang ketiga adalah wasal. Wasal sendiri merupakan diakrituk yang ditulis pada huruf Arab. Dimana dalam penulisannya sendiri pada umumnya ditulis di atas huruf Alif ataupun yang sering disebut juga dengan nama Alif wasal. Bagi anda yang mempelajari ilmu tajwid, biasanya wasal ini memiliki arti yakni untuk meneruskan sebuah bacaan tanpa harus memberhentikan bacaan.

Untuk harakat dari tanda baca dalam alquran ini pada umumnya selalu berada di permulaan kata sehingga tidak dilafazkan apabila berada di tengah tengah kalimat. Akan tetapi akan berbunyi layaknya huruf hamzah ketika dibaca di awal kalimat. Anda pun nantinya akan sering untuk menemukan Alif wasal bersamaan dengan huruf lam atau yang kerap kali disebut dengan alif lam makrifah.

pxhere.com
  1. Tasydid

Tanda baca selanjutnya adalah Tasydid atau anda pun juga bisa menyebutnya dengan syaddah. Dimana tanda baca ini merupakan sebuah harakat yang memiliki bentuk huruf yakni (w). Yang pada umumnya seperti kepala dari huruf sin yang diletakkan di atas huruf Arab atau terletak di suatu huruf Hijayah. Untuk harakat dari tasydid sendiri memiliki arti yakni untuk penekanan terhadap suatu konsonan yang ditulis dengan simbol konsonan ganda.

  1. Dammah

Harakat yang memiliki bentuk seperti huruf wau kecil yang terletak di atas huruf Arab ini sering kali disebut dengan dammah. Untuk harakat dari dammah sendiri biasanya diucapkan atau melambangkan pengucapan seperti huruf (u). Untuk itu ketika sebuah huruf diberikan harakat satu ini, maka huruf Arab tersebut akan dibaca dengan pengucapan (-u). Contohnya adalah seperti huruf lam jika diberikan harakat dammah, maka nantinya pengucapannya akan menjadi (lu).

Selain itu, jika anda menemukan harakat dammah ini bertemu dengan huruf (wau), maka nantinya hal ini pun akan melambangkan fonem (-u). Dimana untuk membacanya sendiri akan dibaca lebih panjang dari biasanya. Semisal saja jika sesudah huruf (Lam) yang memiliki harakat dammah di sebelahnya ditemukan huruf (wau), maka cara membacanya pun menjadi (luu).

pixabay.com
  1. Sukun

Untuk mengetahui tanda baca dalam alquran selanjutnya adalah maka anda bisa bertemu dengan tanda baca sukun atau Hara’kat. Tanda satu ini merupakan harakat yang memiliki bentuk bulat seperti huruf (ha) yang ditulis di dalam huruf Arab. Untuk tanda bacanya sendiri akan ditulis seperti huruf layaknya (o) kecil yang memiliki bentuk sedikit pipih.

Untuk artinya sendiri, tanda ini pun akan melambangkan sebuah fonem yang berupa huruf konsonan mati dari sebuah huruf. Untuk contohnya sendiri adalah ketika pada kata (mad), dimana huruf tersebut mempunyai huruf yang terdiri dari huruf (mim) yang mempunyai harakat yang nantinya akan menghasilkan bunyi fathah dan akan dibaca dengan (ma).

Dalam huruf tersebut nantinya akan diiikuti dengan huruf (dal), yang dimana huruf tersebut mempunyai harakat sukun. Sehingga nantinya akan menghasilkan konsonan dengan bunyi (d). Untuk itu, huruf (mim) yang bertemu huruf (dal) berharakat sukun, maka nantinya hal tersebut akan dibaca dengan (mad). Harakat sukun ini juga bisa menghasilkan bunyi diftong seperti (au) dan (ai).

  1. Kasrah

Tanda baca dalam alquran yang memiliki harakat dengan bentuk seperti garis horizontal yang kecil dan diletakkan di bawah suatu huruf Arab ini, dapat disebut dengan kasrah. Untuk harakat dari kasrah sendiri ini memiliki lafaz dan melambangkan fonem dari (i). Sehingga jika sebuah huruf Arab tersebut diberikan harakat kasrah, maka hal tersebut nantinya akan berbunyi dengan akhiran (-i). Seperti huruf (lam) yang bertemu dengan kasrah, maka nantinya akan dibaca dengan (li).

Itulah beberapa dari tanda baca yang terdapat di dalam Alquran. Kegunaan dari tanda tanda tersebut adalah berfungsi untuk memudahkan anda ketika mengucapkan lafaz atau membaca huruf huruf di dalam alquran. Terutama bagi seseorang yang memang sedang ingin belajar untuk membaca alquran

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.