Buka Franchise Usaha Toko Bangunan Atau Buka Dengan Modal Sendiri?

Banyak pilihan yang bisa dipilih untuk membuka usaha toko bangunan. Salah satu jenis usaha yang memang gampang-gampang susah untuk dijalankan. Apalagi bagi yang baru mulai merintis. Mencari pelanggan adalah tantangan terbesar yang harus segera dicari solusinya.

Kenapa? Sebab rata-rata pembeli lebih tertarik untuk membeli bahan bangunan di toko langganannya. Oleh sebab itu rata-rata cukup sulit jika harus bersaing dengan toko yang sudah lama berdiri. Tapi hal semacam ini bukan alasan untuk tidak maju.

Artinya masih terdapat banyak celah untuk menarik para pelanggan datang ke toko Anda. Jika memang barang-barang bangunan yang Anda jual berkualitas dan didukung dengan pelayanan prima, bukan tidak mungkin banyak yang justru akan pindah ke toko bangunan Anda.

Tapi terlepas dari itu semua, ada hal penting lain yang harus dipikirkan dengan segera. Apalagi jika bukan berkaitan dengan modal usaha. Pasalnya butuh modal besar untuk mendirikan jenis toko seperti ini.

Itulah kenapa banyak yang kurang berminat untuk memilih usaha jenis ini. Selain cukup sulit untuk dijalankan, modal usaha yang dibutuhkan juga terbilang cukup besar. Namun tenang saja, masih ada berbagai solusi yang bisa Anda pilih untuk menyikapi hal semacam ini.

Franchise Usaha Toko Bangunan

pexels.com

Untuk memulai usaha seperti ini, ada dua cara yang bisa dipilih, dengan franchise usaha dan buka usaha sendiri. Kedua cara ini memiliki sisi keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Artinya kembali ke diri Anda sendiri kira-kira dari kedua cara tersebut mana yang lebih memungkinkan untuk dijalankan.

Keuntungan jika memilih model franchise adalah administrasi usaha sudah terbentuk. Selain itu penyediaan materialpun sudah ada. Yang lebih menguntungkannya lagi adalah sudah ada reputasi merk usaha yang sudah pasti akan berimbas terhadap tingkat penjualan.

Artinya jika Anda memilih cara yang pertama ini, tidak perlu repot lagi memikirkan strategi usaha dan modal usaha. Sebab semua itu sudah disediakan oleh mitra bisnis Anda. Jadi dalam hal ini tinggal menjalankan usahanya saja.

Tapi jika memilih cara yang pertama ini, pikirkan dengan matang-matang reputasi merk franchise yang akan Anda ajak kerja sama. Pasalnya reputasi merk franchise memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap penjualan barang bangunan. Alasannya adalah sudah dikenal masyarakat secara luas.

Dengan demikian Anda tidak akan lagi disibukkan dengan kegiatan promosi kesana-kemari yang justru akan menambah beban biaya operasional saja. Dan di Indonesia sendiri sudah cukup banyak mitra franchise terkenal yang bisa Anda ajak kerjasama.

Membuka Toko Bangunan Dengan Modal Sendiri

Bagimana jika membuka dengan modal sendiri? Meskipun akan butuh proses yang cukup panjang, mulai dari memikirkan modal usaha, tempat usaha, suplier materi bangunan, hingga strategi promosi yang tepat.

Berbeda dengan model franchise, membuka sendiri memang butuh tenaga yang lebih ekstra. Meskipun demikian, yang namanya hasil tidak akan berhianat. Artinya jika Anda sukses dalam menjalankannya, omset yang didapatkanpun akan jauh lebih besar.

Selain itu, dalam hal manajemen operasional, Anda akan lebih bebas menentukan arah usaha. Pasalnya yang membuat konsep adalah diri Anda sendiri. Jadi Anda akan lebih leluasa untuk melakukan inovasi-inovasi yang lebih kekinian. Contoh kecilnya adalah membuka toko bangunan online.

Salah satu strategi pemasaran yang memang sedang banyak dipilih akhir-akhir ini. Memang tidak bisa dipungkiri juga jika kemajuan teknologi akan memiliki pengaruh sangat besar terahadap cara manusia memenuhi kebutuhannya. Termasuk ketika ingin membeli bahan material untuk bangunan.

Selalu Kontrol Ketersediaan Stok

pexels.com

Jangan hanya memikirkan keuntungan saja. Selalu mengontrol ketersediaan stok barang di toko bangunan juga harus diperhatikan. Jangan sampai para pelanggan merasa kecewa karena barang yang ingin dibelinya ternyata habis.

Hal kecil semacam ini justru bisa berdampak besar dari sisi psikologis. Kenapa? Sebab jika pelanggan sudah merasa dikecewakan seperti ini, keinginan untuk kembali lagi berbelanja ke toko Anda menjadi berkurang.

Mungkin jika sekali dua kali efeknya tidak cukup besar. Tapi jika berlangsung berkali-kali, bukan tidak mungkin pelanggan toko Anda akan beralih ke toko lain. Artinya jangan sampai hal semacam ini menimpa para pelanggan setia toko Anda.

Memilih memanfaatkan software kasir bisa dikatakan sebagai pilihan cerdas untuk saat ini. Pasalnya software semacam ini bisa dengan mudah mengecek stok barang yang ada di toko Anda.

Istimewanya lagi, software seperti ini juga bisa difungsikan untuk mengetahui barang mana yang menjadi incaran pembeli dan sebaliknya. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah memilih stok barang di toko bangunan yang diperbanyak.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.