Membuka Usaha Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar atau bimbel sering kali menjadi alternatif bagi para orang tua yang ingin anaknya mendapat tambahan belajar secara khusus. Kemajuan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan serta sistem pendidikan di Indonesia yang semakin  tahun semakin modern, membuat para siswa harus belajar ekstra.

Kemampuan kognitif yang berbeda-beda menjadikannya harus mengikuti bimbel agar tidak tertinggal dari yang lainnya. Oleh karena itu, ini menjadi peluang bisnis besar bagi dunia pendidikan. Bahkan sampai saat ini bimbingan belajar terus meningkat permintaannya.

Bahkan setelah lulus SMA dan ditambah dengan ujian masuk perguruan tinggi negeri yang cukup ekstra usaha. Untuk membuka usaha bimbingan belajar, mamang modal bukanlah faktor utama. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah:

pexels.com

Tentukan Konsep, Rencana dan Sasaran Bisnis

Konsep ini sangat menentukan kenyamanan peserta atau siswa bimbel. Oleh karena itu, tentukan konsep Bimbel apakah serius atau fun learning. Selain itu juga harus menerapkan apakah terbuka untuk umum di berbagai kalangan mulai dari siswa SD, SMP atau SMA atau Bimbel SBMPTN atau Ujian Perguruan Tinggi lainnya.

Setelah memilih dan menetapkan sasaran, maka langkah selanjutnya adalah menentukan sistem pembayaran. Apakah akan dibuat untuk harian, per jam, mingguan atau bulanan. Biasanya berdasarkan pada pilhan paket, oleh karena itu Anda harus merancangnya sedemkian rupa.

Hal tersebut dilakukan agar bisnis ini dapat berjalan dengan lancar. Selain kemampuan dan ketrampilan mengajar yang dimilikinya, fasilitas bagi para peserta juga harus diperhatikan.

Awali dari Lingkungan Rumah

Untuk memulai usaha ini, alangkah lebih baik jika dimulai dari lingkungan rumahnya sendiri. Selain menghemat tempat, Anda juga bisa mencari dan merancangkan hal baru agar bisa dikenal di luar lingkungan sendiri. Dengan memanfaatkan ruang kosong yang diisi berbagai perlengkapan seperti papan tulis, meja dan yang lainnya.

Baru kemudian Anda bisa memasang palng sebagai media ofline untuk mengenalkan tempat bimbel miliknya untuk dikenal banyak orang. Pembuatan plang bisa Anda pesan lewat jasa laser cutting dengan hasil yang lebih rapih.

Menciptakan Image yang berbeda dengan yang lainnya

Dunia usaha tentu tidak akan lepas dari yang namnya persaingan. Dengan tujuan yang sama yaitu berusaha untuk memberikan pemahaman terhadap mata pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku, serta memecahkan masalah pembelajaran yang diterima anak.

Maka sebab itu, image atau brand yang diciptakan harus mampu memberikan kesan baik. Kualitas pelayanan terbaik dari berbagai sisi akan semakin memberikan kepercayaan bagi pengguna jasa bimbel. Maka dari itu, jangan mengecewakannya.

Bekerjasama dengan Tim

Bekerjasama dengan pengajar lain tentu akan membuat kolaborasi yang lebih baik. Karena sebagian besar memilih bimbel tentu ingin lebih paham dan mengerti. Oleh karena itu, pengajaran yang eksklusif akan sangat dinantikan. Sehingga, Anda tidak mungkin mengerjakannya sendiri.

Anda membutuhkan teman sehingga akan mampu untuk bekerjasama dan dapat menerima banyak siswa. Teman yang dimaksud juga sekiranya mempunyai visi dan misi yang sama serta tidak merasa dirinya paling baik.

pexels.com

Marketing yang Baik

Pemasaran yang baik bisa dilakukan dengan cara online maupun ofline. Anda bisa menawarkannya melalui promosi langsung ke sekolah-sekolah atau bekerjasama dengan pihak sekolah. Karena rata-rata semua siswa butuh bimbingan belajar untuk mendapatkan nilai bagus jika dirasa masih kurang dengan guru sekolahnya.

Cara ofline sendiri juga memberikan keuntungan bagi sekolah yakni mampu mencetak generasi yang lebih baik. Generasi yang mampu bersaing dengan lainnya. Atau bisa juga dengan menyebar brosur. Kemudian cara online dilakukan bisa melalui sosial media dengan menampilkan keunggulan yang diimilikinya.

Administrasi yang rapih

Membuka usaha bimbingan belajar diantara mudah dan sulit. Mudah jika memang sasarannya tepat dan lingkungan sangat mendukung. Susah jika lingkungan tidak mendukung dan banyak anak yang lebih memilih bimbingan secara otodidak atau melalui aplikasi. Oleh karena itu, kreaifitas perlu ditingkatkan.

Untuk masalah administrasi, harus dijalankan dengan rapih. Baik itu administrasi untuk menunjang keuangan ataupun yang lainnya. Masalah keuangan adalah masalah yang sensitif, oleh karena itu perlu kehati-hatian dan harus saling memahami. Keuangan adalah aset Anda, jadi usahakan dikemas dengan rapih.

Itulah beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Usaha bimbel ini menjadi sangat dilirik mengingat besarnya modal yang sedikit. Bahkan banyak pula yang membuka taanpa patokan biaya, atau bisa dibayarkan dengan sukarela. Namun dilihat dari sisi bissnis, yang namanya usaha adaalah matapencaharian untuk melangsungkan hidup.

Sama halnya dengan usaha lain seperti jasa laser cutting yang terkadang rame terkadang sepi. Maka oleh sebab itu, perlu dipertimabangkan dengan berbagai cara agar tidak merugi. Perencanaan yang tepat akan mampu menjalankan bisnis dengan rapih dan menghindari resiko yang mungkin terjadi.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.